11.811 Warga Binaan Pemasyarakatan di Jabar Mendapatkan Remisi

11.811 Warga Binaan Pemasyarakatan di Jabar Mendapatkan Remisi
Dok Humas Pemkot Bandung

 

BANDUNG (golali.com) - Direktorat Jendral Pemasyarakatan (Dirjen Pas) memberikan remisi kepada 11.811 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), di 33 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Jawa Barat pada 17 Agustus 2020. Remisi ini berupa remisi umum I dan remisi umum II dalam rangka peringatan Kemerdekaan Hari Ulang Tahun (HUT), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ke 75 tahun.


Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Imam Suyudi menjelaskan, remisi umum II merupakan remisi yang diberikan pada narapidana dan anak pidana yang bila dikurangkan perolehan remisinya, bebas pada 17 Agustus 2020. Sementara remisi umum I berupa pemotongan masa pidana mulai dari satu sampai enam bulan.

"Narapidana yang mendapat remisi umum II tahun ini di Jabar dan bebas pada hari kemerdekaan ini sebanyak 228 orang. Sedangkan untuk Bandung Raya WBP yang memperoleh remisi umum II sebanyak 13 orang," terang Imam dalam rilis Humas Pemkot Bandung yang diterima golali.com, Senin (17/8/2020).

Menurut Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana  para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berharap bisa kembali ke lingkungannya dengan baik. Bahkan, para WBP harus bisa mengimplementasikan pelatihan yang diperolehnya selama berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan.

“Mudah-mudahan dengan sikap perilaku yang baik di dalam lapas mereka dapat kembali bersosialisasi dan bisa memberikan kontribusi pembangunan kepada masyarakat. Lapas bisa memberikan pelatihan sehingga warga binaan mempunyai pengetahuan dan kemampuan baik itu di bidang ekonomi atau dibidang lainnya,” imbuh Yana.