37 Makam di TPU Cikutra Tergerus Longsor

37 Makam di TPU Cikutra Tergerus Longsor
Dok Humas Pemkot Bandung/Makam Longsor

BANDUNG (golali.com) - Hujan lebat yang mengguyur Kota Bandung pada Jumat (1/5/2020) menyebabkan 37 makam di tempat pemakaman umum (TPU) Wilayah III Cikutra yang berada ditepian Sungai Cidurian Kota Bandung tergerus longsor . Untuk itu, pada Sabtu (2/5/2020) pihak terkait segera mengevakuasi sebagian besar dari makam tersebut.

 

Menurut Camat Cibeunying Kaler Suardi makam yang tergerus tersebut berada di blok E, blok F, dan tanah wakaf yang berseberangan dengan blok F. Ini bukan longsor yang pertama kali terjadi menimpa kirmir Sungai Cidurian.

 

“Di blok E ada 12 makam yang longsor, alhamdulillah sudah bisa dievakuasi dan dimakamkan kembali. Di blok itu ada 15 makam lagi yang rawan tergerus juga. Itu juga akan diperbaiki,” terang Suardi dalam rilis yang diterima golali.com, Sabtu (2/5/2020).

 

Sementara di blok F ada 4 makam yang tergerus meskipun tidak sampai longsor, guna mengantisipasi kejadian longsor pihaknya memindahkan makam tersebut ke tempat yang lebih aman.

 

“Ada satu lagi tanah yang seberang blok F. Ini tanah wakaf makam keluarga. Ada 4 yang tergerus, sudah dipindahkan. Ada satu jenazah yang masih belum ditemukan karena terkubur tanah longsor,” ungkap Suardi.

 

Pihak keluarga jenazah telah berdatangan untuk melihat proses evakuasi makam. Akibat batu nisan yang hanyut terbawa longsor, sebagian jenazah sudah tidak dikenali identitasnya.

 

“Kepada keluarga yang jenazahnya dimakamkan di sekitar bantaran kali Cidurian, mohon untuk sering-sering melihat. Apalagi yang sejajar atau di atas bantaran kali, khususnya blok E dan blok F,” pesannya.