54 Sekolah yang Sempat PJJ di Bandung akan Kembali PTMT

54 Sekolah yang Sempat PJJ di Bandung akan Kembali PTMT
Ilustrasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) (Dok : Humas Pemkot Bandung)



BANDUNG (Golali) - Kepala Seksi Kelembagaan dan Peserta Didik Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Risman Al Isnaeni mengungkapkan 54 sekolah yang sempat menghentikan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT). Rencananya pada pekan depan akan kembali PTMT.


Seperti diketahui beberapa pekan lalu, berdasarkan surveillance atau pengawasan berupa swab antigen bagi siswa dan guru yang mengikuti PTMT secara acak.


Hasilnya, dari 8.157 sampling ditemukan 265 orang atau 3,2 persennya dinyatakan positif Covid-19. Dengan rincian 244 orang siswa, dan 21 orang guru. 


Sehingga jika hasil surveillans terdapat 1-5 persen positif Covid-19, maka PTMT tetap berjalan. Namun jika hasil surveillance di atas 5 persen positif, maka kegiatan PTMT di sekolah tersebut terpaksa harus dihentikan sementara.


Total sekolah yang dilakukan test acak yaitu 214 sekolah negeri dan swasta. Hasilnya 54 sekolah dihentikan sementara kegiatan PTMT.

"Alhamdulillah sekarang sudah hampir selesai proses 3T. Sekolah yang kemarin dihentikan sementara, kemungkinan besar pekan depan bisa mulai kembali PTMT," katanya dalam Bandung Menjawab di Taman Dewi Sartika Kota Bandung, Selasa 9 November 2021.


Risman menjelaskan berdasarkan evaluasi Disdik, sangat kecil kemungkinan siswa dan guru terpapar Covid-19 di lingkungan sekolah. Sebab penerapan protokol kesehatan di sekolah sudah sangat ketat.


"Mulai siswa masuk gerbang sampai keluar gerbang itu sangat ketat sekali. Kemungkinan tidak terpapar di sekolah. Apalagi pelaksanaan PTMT itu hanya 2 jam dan tidak setiap hari. Jadi kemungkinan di luar," tandasnya. (*/Golali)