62 Persen Takut Jadi Pengangguran 

62 Persen Takut Jadi Pengangguran 
Dok Humas Pemkot Bandung

BANDUNG (golali.com) - Hasil survei  yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada warga di 8 check point terkait pekerjaan dan Covid-19. Dari 310 responden dengan status pekerjaan antara lain 37 persen wirausaha, 32 persen karyawan swasta, 13 persen buruh harian lepas, 8 persen lain-lain, serta 7 persen PNS, TNI, dan Polri. Sebanyak 62 persen responden khawatir kehilangan pekerjaan, 26 persen khawatir kekurangan penghasilan, hanya 10 persen khawatir tertular virus, dan hanya 2 persen khawatir mati karena Covid-19. 


Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dishub Kota Bandung Khairul Rizal, mengatakan pertanyaan survei berasal dari  Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bandung). Survei menggunakan metode Road Side Interview (RSI) yakni wawancara dengan pengendara di check point dan menjawab beberapa pertanyaan tertulis. 

 

"Dari hasil survei , tujuan perjalanan masih didominasi oleh orang yang hendak bekerja yaitu sebanyak 46 persen. Sedangkan belanja (18 persen) pulang ke rumah (16 persen), dan sisasnya variatif," tutur Khairul dalam rilis yang diterima golali.com, Selasa (5/5/2020).

 

Lama waktu responden berada di luar rumah, 75 persen sekitar 6 jam sedangkan 25 persen  di bawah dua jam. Sementara terkait PSBB, kebanyakan responden mengetahuinya, tetapi hanya 81 persen yang mengetahui aturan dalam PSBB