Museum Konferensi Asia Afrika

Baru memasuki pintu museum konferensi asia afrika (KAA),

kita sudah langsung merasakan suasana pembukaan KAA yang berlangsung pada tanggal 18 – 24 April tahun 1955. Meskipun semuanya hanya dalam bentuk diorama dalam ukuran yang sebenarnya. Selain diorama, di museum yang terletak di Jalan Asia Afrika ini, dipamerkan mesin tik, mesin cetak, dan kamera yang dipergunakan para jurnalis dan notulen KAA, ada pula kursi dan meja rotan yang dipergunakan oleh perwakilan delegasi pada saat berbincang-bincang di sela-sela istirahat acara konferensi. Foto-foto anggota delegasi menjadi koleksi menarik dari museum yang mengajak kita mengenal lebih jauh berbagai hal terkait KAA.

Museum ini pun menyimpan piringan hitam berisi rekaman suara pidato Presiden Soekarno, koleksi prangko, berbagai surat kabar, kliping berita, dan buku-buku yang semuanya sudah pasti berkaitan dengan KAA. Selain itu, di salah satu bagian ruangan museum terdapat beberapa foto lengkap dengan keterangan berbagai peristiwa penjajahan yang terjadi di dunia sebagai latar belakang berlangsung KAA, yang menghasilkan Dasa Sila Bandung sebagai upaya pembebasan negara-negara Asia Afrika terlepas dari berbagai macam kungkungan negara penjajah.

Tak lupa di salah satu sudut ruangan di pamerkan foto-foto bernuansa hitam putih yang mengcapture bangunan Gedung Merdeka, sebagai tempat berlangsungnya KAA sekaligus lokasi museum KAA dari awal berdiri, pada tahun 1895 dengan nama Concordia yang berfungsi sebagai tempat berkumpulnya kaum sosialita Belanda, yang tinggal di Kota Kembang, sampai akhirnya pada tanggal 7 April tahun 1955 menjelang KAA diubah namanya oleh Presiden Soekarno menjadi Gedung Merdeka.

Selain terdapat ruang pameran benda-benda dan informasi terkait dengan KAA, museum yang diresmikan pada tanggal 24 April 1980 ini  memiliki ruang audio visual yang memutar berbagai film yang berkaitan dengan sejarah, juga perpustakaan. Untuk memasuki museum ini, pengunjung tidak dipungut biaya, museum ini buka hampir setiap hari kecuali senin dan hari libur nasional.