Ada 1.262 Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Secapa AD Bandung 

Ada  1.262 Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Secapa AD Bandung 
dok covid-19.go.id

 

JAKARTA (golali.com) - Berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi di Pusat Pendidikan Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI Angkatan Darat di Bandung, sejak tanggal 29 Juni 2020 berturut-turut hingga 9 Juli 2020, didapatkan sebanyak 1.262 kasus positif COVID-19 yang terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih. Dari keseluruhan kasus tersebut, 17 orang dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit (RS) Dustira Cimahi.  Dengan keluhan ringan seperti demam, batuk, dan sedikit sesak nafas.

Sementara yang lainnya dilaporkan tanpa keluhan dan tengah menjalani karantina  ketat di komplek wilayah pendidikan Secapa AD. "Seluruh komplek pendidikan Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat di Bandung kita lakukan isolasi. Kita lakukan karantina. Dan kemudian kita larang untuk adanya pergerakan orang, baik masuk ke dalam komplek, ataupun keluar dari komplek," terang Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto dikutip dari covid19.go.id, Jumat (10/7/2020).

Yuri mengungkapkan setiap hari pelaksanaan karantina wilayah dan isolasi para peserta didik dan tenaga pelatih yang terkonfirmasi positif COVID-19, diawasi secara ketat dengan pantauan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kota Bandung, dan khususnya dari unsur kesehatan Kodam III Siliwangi.

"Kami memastikan, bahwa tidak akan terjadi penularan keluar komplek, karena kita menjaga dengan ketat, agar betul-betul pelaksanaan karantina kewilayahan, bisa dijalankan secara maksimal. Kami mohon masyarakat untuk tenang, tidak perlu panik. Karena ini sudah ditangani secara profesional, sesuai dengan standar internasional. Kita melakukan karantina wilayah, dan kemudian kita menjamin sepenuhnya bahwa evaluasi terhadap peserta karantina, dijalankan dengan maksimal," sambung Yuri.