Ada 275.140 Jiwa Lansia di Kota Bandung 

Ada 275.140 Jiwa Lansia di Kota Bandung 
Dok Humas Pemkot Bandung

 


BANDUNG (golali.com) -  Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mencatat ada 275.140 jiwa penduduk lanjut usia (lansia) atau 11 persen dari total jumlah penduduk Kota Bandung. Untuk itu Pemkot Bandung memperhatikan secara khusus kepada para lansia melalui Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Lansia pada Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM). 

Fasilitas dan layanan publik pun dibentuk ramah lansia seperti puskesmas ramah lansia, sahabat lansia, hingga sekolah lansia yang bekerja sama dengan komunitas peduli lansia.Untuk sekolah lansia, tahun ini telah dilaksanakan di 4 kecamatan yakni Ujungberung, Antapani, Cinambo, dan Sukajadi. Sementara puskesmas ramah lansia, sudah ada 20 puskesmas. 


"Kami ingin memuliakan dan menghormati lansia dengan memberikan pelayanan sebaik-baiknya untuk para lansia kita. Kami terus melakukan pembinaan kepada lansia agar mereka senantiasa sehat, bugar, dan produktif berkarya,” tutur Wali Kota Bandung Oded M Danial memberikan sambutan pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tingkat Kota Bandung di Bandung Command Center dalam rilis yang diterima golali.com,  Selasa (2/6/2020).


Kepala DP3APM Kota Bandung Tatang Muchtar menerangkan, untuk menjadikan Kota Bandung sebagai kota ramah lansia, saat ini tengah disusun rancangan peraturan daerah (Raperda) yang khusus menangani pemenuhan hak lansia. 


“Kegiatan lansia yang kita lakukan tujuan besarnya ingin mencapai Bandung Kota Ramah Lansia. Tahun ini Bandung sedang mengusulkan Raperda Bandung Ramah Lansia. Tahun ini pembahasan di dewan, dijadwalkan mulai triwulan 2 bulan Juli,” ucap Tatang.