Car Free Day (CFD) di Kota Bandung

Menikmati Bandung tanpa dihantui kemacetan kendaraan bermotor bisa banget dilakukan, asalkan kamu tahu waktu dan tempatnya. Ya setiap Minggu pagi dari pukul 06.00 - 10.00 WIB. Ada empat ruas jalan di Kota Bandung yang biasanya sibuk dilalui sama mobil, sepeda motor, dan semua temen-temennya yang mengeluarkan emisi gas buang kendaraan pastinya berbahaya untuk tubuh, selama empat jam berubah jadi jalur pejalan kaki dan buat olahraga, orang Bandung biasa menyebutnya dengan kawasan Car Free Day (CFD), ini lokasinya :

1. CFD di Jalan Ir H Djuanda (Dago)

Sepanjang 1,2 Km di ruas Jalan Ir H Djuanda, mulai dari  kawasan Simpang Dago sampai Taman Cikapayang kamu bisa berjalan kaki atau bersepeda. CFD Dago sendiri merupakan CFD yang pertama kali diresmikan di Kota Kembang, sejak 9 Mei 2010 setelah sebelumnya diuji cobakan beberapa pekan.

2. CFD Merdeka

Hampir setahun setelah Bandung memiliki kawasan CFD di Dago, melihat tingginya antusiasme masyarakat Kota Bandung mengunjungi CFD, Pemerintah Kota Bandung akhirnya menambah jalur CFD di Jalan Merdeka tepatnya mulai dari persimpangan Jalan Merdeka - Jalan LLRE Martadinata sampai dengan persimpangan Jalan Perintis Kemerdekaan - Jalan Wastu Kancana pada Minggu 3 April 2011.

3. CFD Buah Batu

Lokasi CFD Buah Batu mulai dari persimpangan Jalan Pelajar Pejuang - Jalan Buah Batu sampai dengan persimpangan Jalan Buah Batu - Jalan KH Ahmad Dahlan. CFD ini resmi dibuka pada Minggu, 19 Juni 2011.

4. CFN-CFD Asia Afrika

Berbeda dengan CFD yang berlangsung di Jalan Dago, Merdeka, dan Buah Batu, CFD di Jalan Asia Afrika dimulai dengan Car Free Night (CFN) yang berlangsung sejak Sabtu malam sekitar pukul 18.00 WIB sampai dengan Minggu sekitar Pukul 11.00 WIB.

Ruas jalan yang dipakai untuk CFN dan CFD yaitu Jalan Asia Afrika mulai dari persimpangan Jalan Tamblong- Jalan Asia Afrika sampai dengan jembatan penyebrangan (dekat Jalan Cikapundung Barat).

Pemberlakukan Jalan Asia Afrika sebagai kawasan CFN dan CFD pada akhir pekan, telah berlangsung sejak Mei 2015, hal itu berkaitan dengan animo masyarakat yang senang berkumpul di sekitar kawasan Jalan Asia Afrika pascaperingatan Konfrensi Asia Afrika yang ke-60 tahun pada April 2015.



Jadi mau pilih CFD mana untuk isi akhir pekanmu?