Antisipasi Longsor Susulan, Pemkot Bandung Bangun Kirmir Sementara 

Antisipasi Longsor Susulan, Pemkot Bandung Bangun Kirmir Sementara 
Dok Humas Pemkot Bandung

BANDUNG (golali.com) - Guna mempercepat penanganan longsor di tempat pemakaman umum (TPU) Cikutra yang tergerus longsor pada Jumat (1/5/2020) malam, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memindahkan 37 makam yang terdampak ke tempat yang lebih aman dan membangun kirmir sementara di Sungai Cidurian. 

“Ada tiga titik longsor di Cikutra, hari ini kita kita pindahkan makamnya ke tempat yang lebih aman. Khawatir hujan terus takutnya longsor lagi,” ucap Wali Kota Bandung, Oded M. Danial usai meninjau lokasi longsor di TPU Cikutra dalam rilis yang diterima golali.com, Minggu (3/5/2020).

Untuk penanganan selanjutnya Oded masih berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, pasalnya kewenangan terkait Sungai Cidurian berada di tangan BBWS Citarum. 


“Nanti kita akan atasi sementara. Sambil tadi juga saya telepon berkoordinasi dengan BBWS. Karena kalau mau permanen sungai itu urusannya ada di BBWS,” katanya.

Untuk saat ini Oded telah meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung untuk membangun kirmir sementara, guna mencegah longsoran yang terus meluas. Pasalnya intensitas hujan di Kota Bandung dan sekitarnya masih tinggi.