Asyiknya Bermain di Jogja Exotarium 

Asyiknya Bermain di Jogja Exotarium 
jogja exotarium

SLEMAN (golali.com) - Bermain sambil belajar tentunya menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi orang dewasa apalagi anak-anak, untuk menikmati hal tersebut beberapa waktu lalu ketika melancong ke Kabupaten Sleman di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), saya mendatangi Jogja Exotarium.

 Di obyek wisata yang terletak di Jalan Magelang Km. 8 Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman ini pengunjung dapat melihat secara langsung berbagai hewan di mini zoo atau kebun binatang mini seperti hewan nokturnal (hewan yang aktif di malam hari/ di ataranya musang dan sugar glider), iguana, kura-kura darat, kuda, kambing merino, kalkun, ikan, burung, dan lain-lain. 

Pengunjung dewasa maupun anak-anak bisa merasakan pengalaman berbeda, pasalnya di mini zoo pengunjung bisa berada di antara koleksi hewan yang tentunya dengan pengawasan petugas di destinasi wisata yang buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 17.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Sebagai wahana wisata berbasis education center, saya banyak melihat pengunjung anak-anak dari berbagai sekolah yang mengunjungi tempat wisata ini. Selepas melihat kelucuan dan keunikan satwa saya menuju kebun budidaya sayuran organik yang menyegarkan pandangan mata. Beragam tanaman kebutuhan dapur seperti sawi, cabai, terong, bayam, dan tomat tumbuh subur di kebun ini dan semuanya bebas dari pupuk dan pestisida buatan. 

Tak hanya mengenal beragam hewan, objek wisata yang luasnya mencapai 9 hektar ini menyuguhkan budidaya peternakan dan perikanana mulai dari peternakan sapi, kambing PE, ikan mas, nila, ikan hias, maskot, dan lain-lain. 

Selain itu untuk pengunjung anak-anak yang suka bermain air, terdapat fasilitas kolam renang untuk berenang. Bisa juga bermain air sambil menangkan ikan di kolam tangkap, asyiknya ikan yang ditangkap  bisa dibawa pulang dan dipelihara di rumah.

Sementara untuk anak-anak yang suka bertualangan yang penuh dengan tantangan, bisa mencoba wahana outbond yang tentunya ditemani petugas Jogja Exotarium.

Objek wisata yang diresmikan pada 23 Desember 2017 oleh anggota DPD RI dari Yogyakarta, GKR Hemas ini dilengkapi dengan fasilitas tubing untuk pengunjung dewasa. Di mana pengunjung duduk di atas ban mobil dan menyusuri sungai di sekitaran Jogja Exotarium. Pengalaman yang menyenangkan dan menegangkan bercampur menjadi satu saat tubing. 

Lelah menikmati semua fasilitas tersebut, pengunjung bisa duduk santai untuk rehat dengan tiupan angin yang menyegarkan di gazebo yang tersebar di objek wisata ini. Untuk memasuki Jogja Exotarium pengunjung cukup membayar tiket masuk  Rp15.000 per orang  pada hari kerja sedangkan pada akhir pekan dan libur Rp20.000 per orang.