Bandung Great Sale 2020 Diharapkan Bisa Gerakkan Ekonomi

Bandung Great Sale 2020 Diharapkan Bisa Gerakkan Ekonomi
BGS2020 Daring

 

BANDUNG (golali.com) - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Jawa Barat (Jabar) Herman Muchtar berharap acara Bandung Great Sale (BGS) 2020 yang digelar secara daring, mulai 1 Juli sampai 31 Agustus 2020 dapat menggerakan ekonomi di Kota Bandung. 

Peserta dalam acara ini terdiri dari pelaku bisnis hotel, restoran, mal, destinasi wisata, pengusaha ritel, dan usaha menengah kecil mikro (UMKM) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). Kegiatan ini didukung Pemerintahan Kota (Pemkot) Bandung, Dekranasda Kota Bandung, Kadin Jabar, GIPI Jabar, PHRI Jabar, ASITA Jabar, PUTRI Jabar, APPBI Jabar, APRINDO, IHGMA Jabar, PWI Jabar, PRSNI Jabar, dan Tiket.com 


"Covid-19 bukan saja berdampak pada  kesehatan tapi juga berpengaruh besar pada sektor ekonomi dan sosial," kata Herman dalam rilis yang diterima golali.com, Selasa (30/6/2020). 

Herman menjelaskan lesunya perekonomian Kota Bandung antara lain berdampak kepada para pengusaha, karyawan, dan pendapatan asli daerah (PAD). 

"Pengusaha sudah semakin terkapar dengan tidak adanya pemasukan,  begitupun dengan karyawan, 
PAD dari sektor Pariwisata saya kira sudah berkurang  lebih kurang 75 persen, tantangan resesi semakin dekat, dan peningkatan jumlah penggangguran di 2021," tutur Herman. 

Herman menjelaskan dampak Covid-19 terhadap sektor industri pariwisata mulai terasa sejak 1 April 2020 lalu, dimana para pengusaha sudah mulai merumahkan bahkan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya.