Bangkitkan Ekonomi Jawa Barat, UMKM Difasilitasi

Bangkitkan Ekonomi Jawa Barat, UMKM Difasilitasi
Dok Humas Pemprov Jabar

 

BANDUNG (golali.com) - Guna mengembalikan kondisi ekonomi Jawa Barat (Jabar) akibat pandemi Covid-19 khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), 
Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar meminta Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jabar memetakan UMKM-UMKM  dan mendirikan UMKM Centre.

"Dengan pemetaan ini kita bisa memanfaatkan relaksasi-relaksasi yang diluncurkan pemerintah pusat khususnya untuk berbagai program. Industri ini menjadi off-taker pemasarann UMKM. Otomatis dengan berkembangann UMKM yang jumlahnya ribuan ini, bisa  meningkatkan daya beli masyarakat," ucap Ketua Divisi Stabilitas Ekonomi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Taufik Garsadi, dikutip dari humas.jabarprov.go.id, Jumat (10/7/2020).

Salah satu langkah yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk mendukung UMKM di tengah pandemi Covid-19 yakni membeli 10 juta masker produk UMKM. Pembelian masker UMKM ini dibagi dua tahap. Tahap pertama masker yang dibeli sebanyak 2 juta masker dari 200 UMKM. Tahap kedua, Pemprov Jabar akan memesan 8 juta masker dari sekitar 400-500 UMKM. Namun pada tahap kedua ini skala pabrikan juga dilibatkan  untuk memenuhi kapasitas produksi dan spesifikasi yang berbeda.


Langkah lainnya  membangun kerja sama dengan Percepatan Keuangan Daerah untuk relaksasi kredit. "Kami bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jabar, terutama untuk mempermudah industri memasarkan produknya untuk ekspor maupun di dalam negeri," pungkas Taufik.