Bantuan Kuota Data Internet untuk Belajar Berlaku Lagi, ini Tanggal Penyalurannya

Bantuan Kuota Data Internet untuk Belajar Berlaku Lagi, ini Tanggal Penyalurannya
Ilustrasi pelajar sekolah online. Kebijakan bantuan kuota data internet Kemendikbud berlanjut (Dok XL Axiata)

 

JAKARTA (Golali.com) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melanjutkan kebijakan bantuan kuota data internet, selama tiga bulan mulai Maret sampai Mei 2021. 

Waktu penyaluran kuota data internet, setiap bulan yaitu tanggal 11 sampai 15. Kuota internet ini akan berlaku selama 30 hari setelah penyaluran.

Baca juga : 

 

Mengutip laman resmi Kemendikbud, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, mengatakan berdasarkan masukan masyarakat, keseluruhan bantuan kuota data internet di tahun 2021 merupakan kuota umum. 

Kuota data ini dapat digunakan  untuk mengakses semua laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir Kementerian Komunikasi Komunikasi dan Informatika Informatika (Kemenkominfo Kemenkominfo) serta daftar pengecualian yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet  kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Bantuan kuota data internet akan diterima seluruh peserta didik dan pendidik,  yang juga menerima bantuan kuota data pada tahun 2020 dan nomornya masih aktif. 

"Otomatis mereka akan menerima bantuan kuota pada bulan Maret 2021. Kecuali yang total penggunaannya kuotanya kurang dari 1 GB,” ujar Menteri Nadiem.

Baca juga :

 

 

 


Menteri Nadiem mengingatkan bagi yang telah menerim bantuan kuota data internet pada program sebelumnya, maka pemimpin  satuan pendidikan tidak perlu mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) lagi. Kecuali yang nomor ponselnya berubah, maka sebelum April 2021 harus melapor kepada pemimpin  satuan pendidikan. 


Informasi lebih detail tentang bantuan  kuota data internet Kemendikbud dapat diakses melalui melalui situs resmi kuota-belajar.kemdikbud.go.id. (*/Golali.com)