Baru 500 Orang Daftar Jadi Relawan Vaksin Covid-19

Baru 500 Orang Daftar Jadi Relawan Vaksin Covid-19
Ilustrasi Pixabay.com

 

BANDUNG (golali.com) - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menuturkan, jumlah pendaftar relawan vaksin Covid-19 sampai saat ini baru mencapai 500 orang. 

"Untuk (relawan) vaksin sudah ada pendaftar, sekitar 500-an orang, kita butuh 1.100 lagi. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada mereka yang usianya sesuai kriteria dan mau, untuk menjadi relawan," kata Gubernur Jabar ini dikutip dari humas.jabarprov.go.id, Selasa (4/8/2020).

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil mengaku siap menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19. "Kami para pimpinan (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar) sedang merumuskan, jika tidak ada halangan dari unsur kesehatan pribadi, maka saya dan Forkopimda akan menjadi relawan untuk pengetesan vaksin (COVID-19)," kata Kang Emil. 

Sementara proses uji klinis vaksin Covid-19  fase 3 ini, akan berjalan selama enam bulan atau hingga akhir 2020. Jika berjalan lancar, rencananya vaksin Sinovac akan mendapat izin edar dan diproduksi massal di awal 2021.

"Perjalanan (mengatasi pandemi) masih panjang karena pengetesan vaksin ini akan berlangsung sampai akhir tahun. Sambil menunggu enam bulan itu tiba, maka pengetesan dan kedisiplinan memakai masker adalah cara untuk mengurangi persebaran (COVID-19)," imbuh Kang Emil.