Begini Cara Ubah Sampah Jadi Emas di Kota Bandung

Begini Cara Ubah Sampah Jadi Emas di Kota Bandung
Melalui Bank Sampah Resik, warga dapat mengubah sampah jadi emas (Dok Humas Pemkot Bandung)

 

BANDUNG (Golali.com) – Warga Kota Bandung kini bisa mengubah sampah menjadi emas, dengan menjadi nasabah di Bank Sampah Resik PD Kebersihan Kota Bandung. Untuk menjadi nasabah Bank Sampah Resik, warga tinggal datang langsung ke Bank Sampah Resik Kota Bandung di Jalan Babakansari 1 No. 64, Kota Bandung dengan membawa setoran awal satu kilogram sampah.

 

Mengutip rilis resminya, untuk proses menabung sampah terdiri dari tiga pilihan :

1. Nasabah individu dapat menabung langsung sampah ke Bank Sampah Resik.

2. Nasabah membentuk unit dengan minimal 10 orang nasabah

3. Nasabah dapat menabung melalui unit yang sudah bekerja sama dengan Bank Sampah Resik.

Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung, Gun Gun Saptari mengatakan, sampah yang disetor nasabah melalui unit akan ada jadwal pengambilan sampah. 

“Biasanya perminimal 20 kg sampahnya dijemput langsung ke lokasi. Tapi kalau setor ke sini setiap hari kerja bisa,” tutur Gun Gun 

Klik juga : 

 

Jenis sampah yang dapat dijadikan setoran tabungan antara lain :

- Botol plastik kemasan minuman dihitung Rp 1700/kg

- Plastik bening Rp 800/kg

- Kertas koran Rp 2800/kg

- Kaleng Rp 1300/kg 

- dan lain-lain.

 

Tukar sampah jadi emas 

Nasabah dapat menukaran sampah menjadi emas, jika saldo setorannya telah mencapai Rp 40.000 setara dengan emas 0,025 gram.

Sampah yang didapat dari setoran tabungan nasabah kemudian akan diolah, sebelum meluncurkan program sampah jadi emas, Bank Sampah Resik Kota Bandung telah meluncurkan program sampah jadi uang.  

Sampai sekarang jumlah nasabah Bank Sampah Resik Kota Bandung telah mencapai 3.000 orang dan membina 91 unit.

Sebelum resmi diresmikan program sampah jadi emas, pihak Bank Sampah Resik Kota Bandung telah melakukan sosialiasi sejak Desember 2020 lalu.

 

"Jadi pas kita sodorin emas itu, banyak yang bertanya ini emas asli atau bukan? Karena ini emas mini kan. Kita kampanyenya juga cukup Rp40 ribu bisa dapat emas. Jadi akhirnya banyak juga yang antusias," beber Direktur Bank Sampah Resik, Marina Puspita.

Marina menjelaskan Bank Sampah Resik juga menerima penukaran emas untuk ditukar dalam gram yang lebih tinggi atau ditukarkan dengan uang.

"Kalau ada yang punya 0,1 gram 10 keping, bisa juga ditukar dengan 1 gram. Atau mau jual lagi juga bisa kita menerima untuk diuangkan juga," urai Marina. (*/Golali.com) 

Klik juga :

 

 

  •