Bermain dan Belajar Pembibitan Ikan di Cipaku Kota Bandung

Bermain dan Belajar Pembibitan Ikan di Cipaku Kota Bandung
Dok Humas Pemkot Bandung

 

BANDUNG (golali.com) - Suasana yang asri terasa kala memasuki kawasan Cipaku mulai dari RW 02 sampai RW 05, Kelurahan Ledeng Kecamatan Cidadap Kota Bandung. Selokan yang mengalir di kawasan ini penuh dengan berbagai ikan, sementara dinding di samping selokan dihiasi beragam tumbuhan yang ditanam secara hidroponik. 

Selokan yang sebelumnya berisi sampah dan bau, diubah Pemuda Pemudi Cipaku (Papici) untuk pembibitan ikan beragam warna yang menyejukkan mata. Sehingga kini kawasan ini bisa jadi pilihan salah satu tempat wisata bermain dan belajar saat berkunjung ke Kota Bandung. 

 

Bermain dan Belajar Pembibitan Ikan di Cipaku Kota Bandung

Jenis ikan yang dibibitkan terdiri dari ikan nila dan lele, yang memberikan suara khas saat bergerak cepat berbenturan dengan air selokan. Ini merupakan salah satu langkah Papici mengubah kebiasaan masyarakat dalam menjaga kebersihan, yang saat ini tengah tren sebagai sustainable sehingga tidak hanya terhenti dalam pembersihan sampah tetapi terus berkesinambungan dan menjadi kebiasaan. 

Langkah yang dilakukan untuk pembersihan warna dan bau air selokan saat ini masih sederhana, yakni dengan penyaringan sehingga airnya belum terlalu jernih. 

"Awalnya selokan ini dipenuhi sampah. Namun setelah adanya gerakan ini, kebiasaan masyarakat menjadi berubah," terang Penggagas Ide Rhyma Permatasari dalam rilis yang diterima golali.com dari Humas Pemkot Bandung beberapa waktu lalu.