Besok, Pemkot Bandung Gelar Simulasi PSBB

Besok, Pemkot Bandung Gelar Simulasi PSBB
Dokumentasi Humas Pemkot Bandung

BANDUNG (golali.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan mengadakan simulasi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Senin (20/4/2020) besok, sebelum menerapkan PSBB selama 14 hari sejak Rabu (22/4/2020) sampai dengan Selasa (5/5/2020) mendatang. 

Simulasi ini bertujuan untuk sosialiasi PSBB  kepada masyarakat, sehingga wabah Covid-19 ini segera berakhir.

"Oleh karenanya 14 hari ini (pelaksanaan PSBB setelah simulasi) mari kita sama-sama berdisiplin jangan sampai terjadi pelanggaran. Karena kalau gagal ini sia-sia pikiran, tenaga, biaya sudah terkuras masa diperpanjang lagi. Ini kan menjadi beban psikologi,” tegas Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna di Balai Kota Bandung dalam rilis yang diterima golali.com, Minggu (19/4/2020).

Terkait PSBB di Kota Bandung, Wali Kota Bandung Oded M Danial telah memberikan payung hukum berupa Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019, mengenai teknis pelaksanaan PSBB yang digelar pada 22 April – 5 Mei 2020.

Termasuk penegakan hukum kepada warga yang melanggar ketentuan PSBB, berupa teguran lisan, peringatan, catatan kepolisian terhadap pelanggar, atau penahanan kartu identitas. Selain itu, apabila ada terjadi kerumunan maka akan dilakukan pembatasan, penghentian atau pembubaran kegiatan. 

“Sanksi lebih mengarah pada edukasi dan peringatan. Tapi kalau memaksakan, contohnya seperti pusat perbelanjaan yang membandel ini ujung-ujungnya kita punya ruang untuk pencabutan izin atas usaha yang bersangkutan,” tandas Ema.

Selain Kota Bandung, wilayah di Provinsi Jawa Barat yang akan menerapkan PSBB di waktu yang sama yaitu Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang.