Buku Oud Bandoeng Dalam Kartu Pos, Memotret Bandung Lewat Filateli

Buku Oud Bandoeng Dalam Kartu Pos, Memotret Bandung Lewat Filateli
Buku Oud Bandoeng Dalam Kartu Pos (Dok Istimewa)

 


Buku Oud Bandoeng Dalam Kartu Pos, karya penulis Sudarsono Katam menjabarkan kondisi Kota Bandung tempo dulu dalam gambar yang terdapat dalam kartu pos. 

Mulai dari suasana masa lalu, berbagai bangunan ikonik Kota Bandung seperti Masjid Agung Bandung. Adapula transportasi umum, suasana Sungai Citarum sebagai sumber air warga yang kini telah berubah, dan budaya di Kota Bandung lainnya. 

Menurut Penulis Buku Oud Bandoeng Dalam Kartu Pos, Sudarsono Katam ide awal penulisan buku ini bermula dari kecintannya pada dunia filateli khususnya prangko dan kartu pos. 

Baca juga : 

 

"Saya hobi mengumpulkan prangko dan kartu pos sejak 1954, saya kenal Kota Bandung yang berubah dari dulu sampai sekarang," ucap Sudarsono Katam dalam Bincang Buku Oud Bandoeng Dalam Kartu Pos pada Ramadhan Post Book 2021, di Gedung Graha Pos Lantai 6 Point Lab Co-Working Jalan Banda No 30 Kota Bandung, Sabtu 1 Mei 2021.

Dari hobi tersebut, tercetuslah membuat buku Oud Bandoeng Dalam Kartu Pos. Selain dari koleksi pribadinya, Sudarsono Katam pun mendapatkan pinjaman kartu pos dari rekan-rekannya yang juga filatelis. 

"Kota Bandung tempo dulu dengan sekarang itu perubahannya sangat banyak," imbuhnya. 

Baca juga : 

 

Menurut Pegiat Literasi Konservasi Aset Cagar Budaya Pos, Sudarmawan Juwono membaca buku Oud Bandoeng Dalam Kartu Pos yang menyuguhkan gambar dalam kartu pos ini menceritakan lebih banyak hal dibandingkan dengan kata-kata. (*/Golali.com)