Ciri Khas Kue Limpung dari Cirebon

Ciri Khas Kue Limpung dari Cirebon
Kue limpung

 

CIREBON (Golali.com) – Kue limpung salah satu kudapan dari daerah Cirebon, memiliki berbagai kekhasan yang membedakan dengan jajanan pasar lainnya.


Berikut ciri khas kue limpung dari Cirebon :


1.Bahan utama tepung beras dan tapioka 


Campuran kedua tepung yang berbeda bahan dasar, yakni tepung beras dari beras dan tapioka dari singkong ini menghasilkan kue limpung yang bertekstur sedikit kenyal tetapi halus.


2. Rasa gurih 


Kue limpung ini memiliki citarasa yang gurih. Hal ini berasal dari campuran santan pada adonannya dan taburan kelapa parut setelah matang.


3. Proses pemasakan dengan cara dikukus 


Kue limpung termasuk jenis kue basah yang cara pematanganya melalui pengukusan 

 

Baca juga : 


4. Berwarna hijau 


Salah satu ciri khas dari kue limpung khas Cirebon ini, berwarna hijau. Pembuat kue limpung biasanya menggunakan daun pandan atau suji sebagai pewarna alami untuk makanan.


5. Bertabur kelapa parut 


Kue limpung menjadi salah satu jajanan pasar, yang memiliki ciri khas digulingkan terlebih dahulu pada kelapa parut sebelum dinikmati.


 6. Warisan budaya tak benda 


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada 2017 menetapkan kue limpung dari Cirebon ini termasuk Warisan Budaya Tak Benda.


7. Dapat ditemukan di luar Cirebon 


Selain di Cirebon sebagai daerah asal dari kue limpung, kudapan ini banyak dijual di beberapa pasar tradisional di luar Cirebon seperti Bandung. (*/Golali.com)