Covid-19 Percepat Penerapan Revolusi Industri 4.0

Covid-19 Percepat Penerapan Revolusi Industri 4.0
Dok Panitia Webinar

 

BANDUNG (golali.com) - Pandemi Covid-19 dapat melahirkan berbagai inovasi dan kreativitas, yang dapat menjadi solusi mencegah penyebaran Covid-19 dan meningkatkan bisnis dengan teknologi. Dengan adanya wabah ini, telah mendorong Revolusi Industri 4.0 lebih cepat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Dalam perusahaan jasa dan produk dalam berinovasi dan berkeativitas menggunakan teknologi harus tahu pasar yang akan disasar. Teknologi ini harus memudahkan perusahaan, konsumen, dan kondisi yang ada," terang praktisi, akademisi, dan penulis buku Humanoid Communication, Husnita dalam Webinar "Unlocking The Innovation  and Creativity Potential During and After Covid19 (Communication  & Technology Perspective)", Selasa (30/6/2020) malam. 

Ia mencontohkan Telkomsel yang memanfaatkan digital service melalui layanan veronika sebagai virtual assistant dari customer service yang melayani selama 24 jam. Selain itu aplikasi CloudX untuk virtual meeting dari Telkomsel, yang digunakan dalam menunjang work from home (WFH) dan belajar di rumah. 

"Dalam berinovasi dan berkreativitas ini, tidak hanya memikirikan keuntungan semata meskipun tujuan bisnis adalah growth namun harus menghadirkan empathy, solution, giving, useful, and resustainability," papar Husnita. 

Selain Husnita hadir sebagai pembicara yaitu Dekan Fakultas Industri Kreatif Telkom University Roro Retno Wulan dan Industri 4.0 & ICT for Development Expert Alumni UGM & Columbia University Daniel Oscar Baskoro. Moderator Communication Department Binus University, Yenni Siswantini. Seminar digital ini didukung Telkom University dan Telkomsel, yang dihadiri para peserta dari berbagai profesi.