Covid-19 Turunkan Pendapatan Nelayan 

Covid-19 Turunkan Pendapatan Nelayan 
Dok XL Axiata

JAKARTA (golali.com) - Dampak wabah Covid-19 yang melanda Indonesia berimbas pada penurunan pendapatan rata-rata nelayan di Tanah Air. Penyebabnya ikan hasil tangkapan nelayan tidak terserap dipasaran . 

Menurut Kepala Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) Kementerian Kelautan dan Perikanan, I Nyoman Radiarta, nelayan merelakan untuk menjual hasil tangkapannya di bawah harga normal. BROL merupakan salah satu pihak yang selama ini berupaya keras untuk ikut mendorong produktivitas nelayan melalui penyediaan data-data kelautan yang bisa dimanfaatkan oleh nelayan.

Untuk membantu nelayan, BROL bersama dengan XL Axiata dan Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) serta Yayasan Benih Baik, memberikan donasi 1.000 paket  bantuan kepada nelayan yang ada di Banten, Bali, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku, dan Papua Barat. Paket bantuan tersebut terdiri dari sembako, vitamin, serta masker wajah. Penyaluran donasi dilakukan sejak 21 Mei 2020 sampai Juni 2020. 

“Program ini sengaja kami tujukan untuk masyarakat nelayan yang merupakan salah satu komunitas yang sangat terimbas wabah COVID-19. Sejak adanya pandemi ini, permintaan atas hasil tangkapan nelayan menurun drastis yang berarti juga menurunkan pendapatan sehari-hari mereka,” terang Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih dalam rilis yang diterima golali.com, Jumat (22/5/2020). 

Berikut daerah nelayan yang terdata untuk mendapatkan donasi :

  1.  Pengambengan dan Perancak, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. 
  2.  Desa Maritim Silo Baru Kabupaten Asahan Provinsi Sumatra Utara
  3.  Desa Maritim Kabupaten Cemaga Natuna Provinsi Kepulauan Riau
  4.  Desa Maritim Panimbang Jaya Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten
  5.  Desa Maritim Kuala Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat
  6.  Desa Maritim Balansiku Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara
  7.  Desa Maritim Labetawi Kabupaten Tual Provinsi Maluku
  8.  Ambon
  9.  Sorong,  Provinsi Papua Barat.