Dalam Sebulan Laboratorium BSL-2 Kota Bandung Periksa 5.000 sampel 

Dalam Sebulan Laboratorium BSL-2 Kota Bandung Periksa 5.000 sampel 
Foto Dok Humas Pemkot Bandung

 

BANDUNG (golali.com) - Sejak beroperasi pada Mei 2020 lalu Laboratorium Biosafety Level-2 (BSL-2) Kota Bandung telah memeriksa sekitar 5.000 sampel Covid-19. Dalam sehari petugas BSL-12 melakukan pemeriksaan 200 sampel sesuai kapasitas maksimal dari laboratorium ini. 

“Jadi sudah kita validasi. Waktu itu hasil dari sini diperiksa lagi di Labkesda Provinsi (Jawa Barat) dan di Litbangkes Kemenkes itu sama. Jadi bisa dipertanggungjawabkan hasilnya,” terang Manajer Laboratorium BSL-2 Kota Bandung Tati Sutarti. 

Tati menuturkan selama penanganan Covid-19, operasional lab BSL-2 Kota Bandung  setiap hari. Sekalipun untuk pengiriman dan penerimaan sampel hanya dibatas dari Senin sampai Jumat, sementara pengujian dilakukan setiap hari. 

Meskipun menguji virus corona yang mudah menyebar, Tati mengungkapkan lab BSL-2 tidak hanya memiliki perlengkapan memadai tetapi juga didukung ruangan bertekanan negatif yang aman bagi lingkungan sekitar. Fungsinya untuk menetralisir virus atau bakteri di udara baik di dalam ruangan maupun udara yang keluar dari laboratorium.


“Artinya tidak ada pencemaran dari virus yang masuk dan keluar. Udaranya sudah bersih oleh penyaringan. Untuk pemeriksaan Covid-19 ini BSL-2  dilengkapi dengan BSC 2 dengan alat ekstraksi yang manual dengan otomatis. Kemudian ada alat PCR untuk menunjang pemeriksaan Covid-19,” tambah Tati.