Dampak Pandemi Covid-19, Kota Bandung Alami Deflasi

Dampak Pandemi Covid-19, Kota Bandung Alami Deflasi
Oded M. Danial, Walikota Bandung/Dok Humas Pemkot Bandung



BANDUNG (golali.com) - Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat mencatat, Kota Bandung mengalami deflasi sebesar 0, 25% persen (month to month), atau 2,50 persen (year on year) pada Mei 2020. Hal ini imbas dari penurunan ekonomi akibat wabah Covid-19.

"Pendapatan masyarakat di Kota Bandung saat ini turun. Berbagai komoditas penting untuk konsumsi kebutuhan sehari-hari masyarakat juga ikut turun. Karena itu kami dengan sedikit kontribusi dalam jangka pendek memberikan bantuan berupa  sembako dan APD (alat pelindung diri)" terang Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Herawanto saat menyerahkan bantuan untuk percepatan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 kepada Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pendopo Kota Bandung, dalam rilis yang diterima golali.com Selasa (9/6/2020).

Herawanto mengungkapkan kondisi ini
perlu disikapi dengan langkah-langkah yang berkelanjutan sehingga daya beli masyarakat yang turun dapat diimbangi dengan ketersediaan pangan yang memadai bagi masyarakat. Salah satunya konsep yang dikeluarkan Wali Kota Bandung Oded M Danial yaitu Kampung Inflasi.

"Kami tahu betul memiliki konsep Pak Oded sangat bagus yaitu Kampung Inflasi dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, dan ini diharapkan sebagai contoh replikasi di kantor-kantor BI seluruh wilayah Indonesia," kata Herawanto.

Konsep Kampung Inflasi yang digalakan Wali Kota Bandung tersebut, di antaranya
urban farming dan pemanfaatan lahan terbatas di Kota Bandung, sehingga memberikan manfaat ekonomis kepada masyarakat. "Kami melihat ini adalah cara yang efektif dan akses murah untuk masyarakat terhadap  komoditi-komoditi  dasar untuk makanan," tambah Herawanto.

Adapaun donasi yang diberikan BI Provinsi Jawa Barat bernilai Rp231.474.000 berupa sembako dan APD. "Untuk sembako disalurkan kepada masyarakat yang berhak, dan APD nanti diberikan kepada tenaga medis," tutur Wali Kota Bandung Oded M Danial.