Dari 2.540 Koperasi di Kota Bandung, Hanya 735 yang Aktif

Dari 2.540 Koperasi di Kota Bandung, Hanya 735 yang Aktif
Dok Humas Pemkot Bandung

BANDUNG (golali.com) - Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUKM) Kota Bandung mencatat ada 2.540 koperasi di Kota Bandung. Namun hanya 735 koperasi yang aktif yang terdiri dari 119.947 anggota aktif. Menurut Wali Kota Bandung Oded M. Danial, dalam masa kini koperasi masih bisa menjadi cara untuk membangkitkan geliat ekonomi di tengah masyarakat. Karena, koperasi didukung dengan sistem keanggotaan yang menjadi potensi dan aset berharga.

“Kita harus punya mindset yang sama bahwa sesungguhnya dalam dunia koperasi modal utama kita adalah anggota. Anggota itu aset kita. Kemudian kalau kita berbicara jaringan itu agaimana anggota koperasi dari partikel kecil di rumah tangga menjadi raksasa besar,” tegas Oded dalam rilis yang diterima golali.com beberapa waktu lalu. 

Oded mengungkapkan selain membina anggota,  perlua adanya konsep pengelolaan koperasi di Kota Bandung menggunakan pola kolaborasi antar koperasi. Dengan sistem kerja sama inilah koperasi akan sangat kuat. Karena menjadi sebuah ekosistem besar yang saling mendukung antar koperasi.

“Karena ada jaringan yang diikat dalam sebuah sistem. Mindset berikutnya yaitu antar koperasi itu bukan saingan, tapi itu adalah kemitraan. Kalau ini sudah terbangun, harusnya bisa maju dan kuat. Kalau merasa saingan jadi saling bunuh,” tandas Oded.