Dari Penyuntikan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fase III, 110 Relawan Dalam Kondisi Sehat

Dari Penyuntikan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fase III, 110 Relawan Dalam Kondisi Sehat
Ilustrasi Vaksin pixabay.com

 

BANDUNG (golali.com) - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rosye Arosdiani Apip mengungkapkan, dari hasil pemantaun kepada 110  relawan yang telah mengikuti uji klinis vaksin  Covid-19 fase III pada tahap pertama atau V1 dalam kondisi sehat. Setelah dilakukan penyuntikan pada 14 Agustus 2020 lalu. 

Untuk diketahui dari 110 relawan, uji klinis vaksin ini tersebar di Balai Besar Kesehatan Unpad sebanyak 19 relawan, Rumah Sakit Fakultas Kedokteran Unpad ada 21 relawan, Puskesmas Garuda ada 19 relawan, Puskesmas Ciumbuleuit sebanyak 18 relawan,  Puskesmas Dago sebanyak 15 relawan, dan Puskesmas Sukapakir ada 18 relawan.


"Sejauh ini semuanya tidak ada keluhan,” kata Rosye dalam rilis yang diterima golali.com, Selasa (25/8/2020).

Rosye mengungkapkan pada tahap pertama ini, hanya ada satu orang relawan yang tidak lolos pada tahap pemeriksaan atau V0. Dari hasil rapid test relawan tersebut  reaktif, sehingga tidak layak untuk dilanjutkan pada tahap penyuntikan vaksin.


“Ada satu orang yang tidak lolos pada V0 itu di Puskesmas Garuda. Kalau tidak salah rapidnya reaktif. Itu artinya sudah terbentuk daya tahan tubuhnya. Sehingga bisa bias nanti dalam penelitiannya,” imbuh Rosye.