Empat Bagian Pohon Kelapa Mendukung Kehidupan

Empat Bagian Pohon Kelapa Mendukung Kehidupan
Empat Bagian Pohon Kelapa Mendukung Kehidupan/pixabay

BANDUNG (golali.com) - Kelapa memiliki banyak manfaat  yang tidak tergantikan tanaman lain dalam mendukung kehidupan manusia,

golali.com merangkum 4 bagian dari tumbuhan bernama latin Cocos nucifera ini :

1. 

Buah Kelapa

 

Buah dari pohon yang tumbuh subur di kawasan tropis seperti Indonesia ini, biasanya kita manfaatkan baik kelapa muda maupun tua . Untuk kelapa muda yang dikenal dengan nama dewegan, dapat dinikmati bagian daging buahnya maupun airnya. Buah kelapa muda ini kabarnya selain untuk menghilangkan dahaga juga sebagai penawar racun. 

Sementara kelapa tua airnya bisa digunakan untuk pembuatan nata de coco, sedangkan daging buahnya bisa diolah menjadi santan  yang digunakan dalam masakan dan juga bahan baku minyak kelapa (keletik dalam bahasa Sunda). 

Selain air dan daging buahnya, batok kelapa tua dimanfaatkan untuk kerajinan, peralatan di dapur, dan arang. Sementara serabut buah kelapa digunakan untuk menggosok saat mencuci peralatan dapur. 

 

2.

Air Nira Kelapa

 

Air nira kelapa atau lahang dalam bahasa Sunda, selain bisa diminum langsung setelah disadap juga diolah menjadi bahan baku pembuatan gula kelapa atau lebih dikenal dengan gula merah. Di Jawa Barat pengolahan gula kelapa, banyak ditemukan di kawasan sepanjang pantai selatan.

 

3.

Daun Kelapa

 

Daun kelapa menjadi primadona di kala musim lebaran Idul Fitri, khususnya daun kelapa muda. Ya, daun kelapa muda yang dikenal dengan sebutan janur ini menjadi bahan baku pembuatan ikon kuliner lebaran, yakni ketupat. Di samping itu janur pun sering digunakan untuk dekorasi resepsi pernikahan maupun khitanan.

 

Sementara daun kelapa tua berwarna hijau tua, zaman dahulu digunakan dalam pembuatan atap maupun dinding rumah. Di beberapa daerah di Pulau Jawa, daun kelapa ini digunakan sebagai wadah makanan hantaran saat hajatan.

 

Untuk tulang daun kelapa yang sudah kering digunakan untuk pembuatan sapu lidi sementara daun kelapa yang kering digunakan untuk wadah gula kelapa maupun sebagai bahan bakar tungku tradisional atau hawu.

 

4.

Kayu Kelapa

 

Pohon kelapa yang sudah tua bisa diambil kayunya, digunakan untuk mendukung pembangunan rumah maupun perabotan rumah.

Jadi masih banyak pohon kelapa di sekitar kita? Ayo kita lestarikan untuk kebutuhan hidup kita dan generasi selanjutnya.