Fasilitasi Internet Gratis pada Pembelajaran Jarak Jauh, Disdik Kota Bandung akan Luncurkan Padaringan

Fasilitasi Internet Gratis pada Pembelajaran Jarak Jauh, Disdik Kota Bandung akan Luncurkan Padaringan
Dok Humas Pemkot Bandung

 

 

BANDUNG (golali.com) - Guna memfasilitasi akses data internet secara gratis pada program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),  Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung tengah mengembangkan konsep Padaringan (Pembelajaran dalam Jaringan).

Selama masa pandemi Covid-19 ini, guru dan siswa terpaksa harus PJJ agar bisa tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Guru dan siswa di Kota Bandung terhubung satu sama lain dengan koneksi internet melalui berbagai platform daring yang tersedia. Hal ini untuk menghindari penyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan. 

Program PJJ ini banyak dikeluhkan guru dan orang tua terkait pengeluaran biaya kuota internet yang digunakan selama PJJ. Untuk itu, Padaringan diharapkan menjadi solusi atas kendala tersebut.


Padaringan merupakan sistem dalam bentuk Metropolitan Area Network (MAN), yakni jejaring internet berkecepatan tinggi yang bisa menjangkau satu kota. Jaringan tersebut menghubungkan server Disdik Kota Bandung ke setiap sekolah sehingga memiliki akses internet dengan kualitas koneksi yang bagus.


“Kota Bandung sedang merintis pembuatan jaringan intranet yang dinamakan Padaringan. Sebanyak 274 SD negeri 3 TK Negeri dan 64 SMP Negeri akan dipasang pemancar yang terkoneksi dengan server di Dinas Pendidikan,” ungkap Kepala Disdik Kota Bandung Hikmat Ginanjar dalam rilis yang diterima golali.com, Jumat (17/7/2020).

Hikmat menjelaskan sistem Padaringan ini  siswa dan guru bisa berada dalam satu jejaring yang memungkinkan mereka mengakses pembelajaran tanpa harus dibebani biaya kuota internet. 

“Nantinya para guru, kepala sekolah, orangtua, dan siswa akan terkoneksi dalam Padaringan tersebut,” imbuh Hikmat.