Film 5 Cm bukan Sekedar Mendaki Gunung

Film 5 Cm bukan Sekedar Mendaki Gunung
Dok sorayaintercinefilms.com

 

Kebersamaan seringkali membuat siapapun terkurung dalam zona nyaman, yang membuat tak mau menerima tantangan baru yang seharusnya dicoba dalam menyelesaikan masalah kehidupan. Inilah yang tergambar dalam Film 5 Cm, dimana lima sahabat yang terdiri dari  empat pria yakni Zafran (Herjunot Ali), Genta (Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo), dan Ian (Igor Saykoji) serta satu perempuan Riani (Ralien Shah). 

Dikisahkan lima orang ini telah bersahabat sejak 10 tahun yang lalu, sejak mereka remaja hingga sekarang telah dewasa, setiap akhir pekan mereka berkumpul bersama untuk menghabiskan waktu di antara kesibukannya masing-masing. Namun karena seringnya bersama, mereka baru menyadari tak memiliki teman yang lain selain berlima. Hingga suatu hari Genta, sebagai sosok yang paling bersikap dewasa di antara yang lainnya, mengusulkan untuk berpisah selama tiga bulan tanpa bertemu langsung maupun kontak melalui telepon. 

Awalnya Riani, sebagai satu-satunya perempuan yang selalu bersikap keibuan menolak dengan usulan Genta. Namun karena berbagai pertimbangan dan kesibukan masing-masing yang tertunda karena kenyamanan ini, akhirnya rencana itu pun disetujui. 

Genta berjanji setelah tiga bulan perpisahan, dirinya sudah menyiapkan kegiatan yang tidak akan dilupakan untuk merayakan persahabatan mereka. Pada 7 Agustus (tiga bulan perpisahan) Genta menghubungi keempat sahabatnya tentang rencana pertemuan mereka pada 14 Agustus, di salah satu stasiun kereta api di Jakarta dengan membawa perlengkapan menuju suatu tempat. 

Di Hari H satu persatu datang ke stasiun dengan tiket yang telah dibeli Genta, perjalanan ini tak hanya dilakukan berlima tetapi berenam dengan Dinda (Pevita Pearce) adik Arial. Zafran yang menyukai Dinda sangat senang dengan kehadiran perempuan tersebut.

Selama perjalanan naik kereta api menuju Malang, penonton disuguhi pemandangan pedesaan dari kawasan Jawa Barat sampai Jawa Timur. Detail para penumpang berdandan khas Jawa, memberikan suasana sebenarnya perjalanan menaiki  kereta api. 

Esok harinya mereka sampai di Malang, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa kendaraan roda empat menuju Gunung Semeru. Awalnya semua rekan Genta terkejut antara senang dan waswas, untuk mendaki gunung yang memiliki puncak tertinggi di Pulau Jawa ini. 

Apa saja pencapaian yang didapat selama mereka terpisah dalam tiga bulan tersebut? Bagaimana mereka dapat menaklukan puncak Mahameru tersebut, untuk sampai tepat di hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus? Apakah cinta Zafran diterima Dinda, begitupun dengan Genta yang tidak berani jujur mencintai Riani? Apa makna 5 Cm dalam film ini? Semuanya akan terjawab dalam film produksi Soraya Intercine Films ini. 

Film yang pertama rilis di bioskop pada 12 Desember 2012 ini, diangkat dari kisah nyata yang menjadi novel karya Donny Dhirgantoro. Film yang disutradarai
Rizal Mantovani ini telah dinikmati 2,5 juta penonton. Saat ini film 5 Cm sering pula diputar di televisi swasta, sebagai salah satu film yang hadir dalam momen liburan seperti libur lebaran dan akhir tahun. 
Kabarnya film ini telah mengilhami remaja di Indonesia untuk mendaki gunung.