Gotong Royong Bersihkan Waterleiding Tjibadak untuk Mengenang Sejarah

Gotong Royong Bersihkan Waterleiding Tjibadak untuk Mengenang Sejarah
Dok Humas Pemkot Bandung

 

BANDUNG (golali.com) - Guna mengenang sejarah dan memeriahkan Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke 75 tahun di tengah masa pandemi Covid-19, puluhan pemuda RW 04 Babakan Kelurahan Ledeng Kecamatan Cidadap Kota Bandung menggelar acara untuk mengenang sejarah. Gotong royong membersihkan gedung peninggalan kolonial Belanda, di kawasan tersebut yakni Waterleiding Tjibadak atau bagi masyarakat setempat disebut Gedong Cai Tjibadak pada  Sabtu 22 Agustus 2020.

Acara ini meliputi membersihkan halaman dan akses jalan menuju Gedong Cai Tjibadak yang dibangun pada 1921, kegiatan ini sebenarnya rutin dilaksanakan oleh para pemuda di wilayah tersebut. Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian para pemuda terhadap lingkungan dan sejarah. 

"Kegiatan ini salah satu bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan. Khususnya terhadap bangunan yang penuh akan pesan sejarah bagi kami dan warga Ledeng. Bangunan ini adalah cikal bakal nama daerah kami," ungkap perwakilan pemuda RW 04 Nugi Herdian dalam rilis Humas Pemkot Bandung yang diterima golali.com, Minggu (23/8/2020).

Waterleiding ini berfungsi dalam mendistribusikan air bersih bagi warga Ledeng dan Kota Bandung. Gedung ini dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda.