Hari Buku Nasional Tingkatkan Pengetahuan

Hari Buku Nasional Tingkatkan Pengetahuan
ilustrasi pixabay

JAKARTA (golali.com) - Buku menjadi salah satu cara melihat dunia tanpa harus keluar rumah, berbagai hal dapat kita ketahui dengan membaca buku. Untuk meningkatkan minat baca, menulis, dan produktivitas penerbitan buku sejak 2002, Menteri Pendidikan Nasional Abdul Malik Fadjar menetapkan tanggal 17 Mei sebagai hari buku nasional. 

Mengutip dari berbagai sumber, penetapan tanggal 17 Mei sebagai hari buku nasional, berkaitan dengan hari jadi Perpustakaan Nasional yang ditetapkan sejak 17 Mei 1980. 
Berdasarkan data The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 2016, ketertarikan masyarakat Indonesia untuk membaca buku hanya 0,001 persen atau dari 1.000 orang Indonesia hanya 1 orang yang membaca buku.

Padahal untuk menjadi penulis handal, tidak mungkin terlahir tanpa membaca. Melalui membaca akan memantik kita untuk menulis. Jadi sudah berapa buku yang kita baca sampai Mei ini, atau rajin membaca buku sudah menjadi bagian resolusi tahun ini?

Untuk bisa membaca buku sebenarnya bukan hal yang mahal, kita bisa membacanya di perpustakaan  secara offline maupun online. Selamat Hari Buku Nasional.