Hari Laut Sedunia, Ingatkan Pentingnya Laut untuk Kehidupan

Hari Laut Sedunia, Ingatkan Pentingnya Laut untuk Kehidupan
Ombak Laut/pixabay

 

JAKARTA (golali.com) - Sejak 1992, 8 Juni ditetapkan sebagai hari laut sedunia. Meskipun baru disahkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada 2008. Awal mula pemilihan 8 Juni sebagai hari laut sedunia, diajukan Negara Kanada pada Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil. 

Kondisi laut sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, jika laut di seluruh dunia dalam kondisi baik maka akan memberikan dampak positif bagi manusia begitupun sebaliknya. Berdasarkan data wwf.or.id, luas lautan yang ada di dunia mencapai 70 persen dari luas bumi artinya lebih luas daripada daratan. Begitupun luas lautan yang ada di Indonesia. 

Penyebab kerusakan yang terjadi di laut berasal dari ulah manusia, seperti membuang sampah sembarangan ke sungai dan tempat lainnya yang berakhir di laut, penggunaan bom ikan, kebocoran pipa minyak, perusakan terumbu karang, dan lain-lain. 

Laut dengan kondisi sehat memberikan banyak manfaat bagi manusia, mulai dari sumber garam, sumber protein hewani, untuk pariwisata, dan lain-lain. Jadi di hari laut ini sudahkah kita memberikan kebaikan untuk laut?