Hari Lingkungan Hidup Sedunia, untuk Melindungi Diri Kita

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, untuk Melindungi Diri Kita
ilustrasi pixabay

JAKARTA (golali.com) - Lingkungan hidup tak hanya sebagai sarana pendukung kehidupan manusia, melainkan bagian terpenting dari jalannya kehidupan. Semua hal keberlangsungan hidup manusia tanpa kita sadari, berkaitan dengan lingkungan hidup di antaranya oksigen untuk bernapas adalah hasil dari produksi tumbuhan. 

Maka tak mengherankan jika Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) menaruh perhatian besar, pada tatanan lingkungan hidup. Untuk mengingatkan kita, guna terus menjaga dan melestarikan lingkungan hidup sejak 1972, 5 Juni ditetapkan sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. 

Mengutip berbagai sumber, cikal bakal adanya hari lingkungan hidup sedunia atas inisiatif Negara Jepang dan Senegal yang diajukan pada Konferensi Stockholm. Konfrensi ini digelar PBB bertempat di Stockholm Negara Swedia yang berlangsung pada 5 sampai 16 Juni 1972, untuk membicarakan kondisi lingkungan hidup di dunia. Salah satu hasil konfrensi ini menetapkan 5 Juni sebagai hari pertama digelarnya konfrensi sebagai hari lingkungan hidup sedunia. 

Biasanya peringatan hari lingkungan hidup sedunia diberbagai negara di dunia ditandai dengan penanaman pohon dan kampanye kesadaran untuk tidak merusak hutan serta hewan.