Hari Penting Maret, Sejarah Heroik sampai Hiburan

Hari Penting Maret, Sejarah Heroik sampai Hiburan
Hari penting Maret (Dok Golali.com)

 


Maret, memiliki beberapa tanggal penting baik yang bersifat nasional maupun internasional. 

Ada apa saja hari-hari penting di bulan ke tiga dalam kalender masehi ini ?

1 Maret : Peringatan Serangam Umum 1 Maret di Yogyakarta 

Tanggal pertama pada Maret ini, bagi bangsa Indonesia menjadi momen bersejarah. Tepatnya pada 1 Maret 1949 di Yogyakarta telah meletus serangan dari militer dan rakyat sipil terhadap Belanda. 

Militer dan sipil bersatu mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari Agresi Militer Belanda II. 

Untuk mengenang perjuangan tersebut, di Yogyakarta terdapat Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949

8 Maret : Hari Perempuan Internasional 

Hari perempuan internasional untuk menyuarakan kesetaraan gender antara kaum perempuan dan laki-laki, dari dahulu  sampai sekarang masih ada kesenjangan dalam berbagai bidang.   

9 Maret : Hari Musik Nasional 

Peringatan hari musik nasional pertama kali diperingati 9 Maret 2013, berdasarkan  Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional.

Hari musik nasional bertujuan untuk meningkatkan apresiasi seluruh lapisan masyatakat pada dunia musik dan motivasi kepada musikus untuk terus berkarya. 

Klik juga : 

20 Maret : Hari Dongeng Sedunia

Tujuan dari peringatan hari dongen sedunia ini, guna mengenalkan dongeng kepada seluruh lapisan masyarakat. 

21 Maret : Hari Down Syndrome Internasional

Menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia, tentang down syndrome. Pasalnya banyak dari sebagian masyarakat yang masih belum paham dengan kondisi down syndrome.

24 Maret : Hari Peringatan Bandung Lautan Api 

Peringatan Bandung Lautan Api, untuk mengenang peristiwa heroik yang terjadi di Bandung dalam rangka mengusir penjajah yang akan menggunakan kawasasan Bandung sebagai markas militer. 

Untuk itu, para pejuang memilih membumi hanguskan wilayah Bandung, peristiwa Bandung Lautan Api berlangsung pada 24 Maret 1946 atau pascakemerdekaan Republik Indonesia. 

Dalam mengenang perjuangan para pahlawan, di Kota Bandung terdapat Monumen Bandung Lautan Api yang berada di kawasan Taman Tegallega. 

30 Maret : Hari Film Nasional 

Maret tidak hanya memiliki  hari musik nasional tetapi juga hari film nasional, tepatnya pada 30 Maret.

Hari film nasional bertujuan untuk meningkatkan apresiasi seluruh lapisan masyatakat pada dunia film dan motivasi kepada insan perfilman untuk terus berkarya. (*/Golali.com)