Ini 15 Kabupaten Kota Masuk Zona Biru di Jabar

Ini 15 Kabupaten Kota Masuk Zona Biru di Jabar
FB/jabarprov

 

BANDUNG (golali.com) - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat (Jabar) dan Pemerintah Provinsi Jabar merilis per 26 Mei 2020, level kewaspadaan 15 kabupaten kota di Jabar berada di zona biru atau terkendali. Wilayah tersebut meliputi Kabupaten Bandung Barat, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Sumedang, Tasikmalaya, Kota Banjar, Cirebon, Sukabumi, dan Tasikmalaya. 

"Jawa Barat, sudah 14 hari indeks covid stabil di rata-rata 1, artinya masuk kategori terkendali standar WHO. Minggu ini sudah tidak ada lagi daerah zona merah," terang Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam akun resmi facebooknya, Jumat (29/5/2020). 

Emil sapaan akrab dari Ridwan Kamil mengungkapkan, untuk 15 kabupaten kota yang masuk zona biru dapat melakukan adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal. 

Sementara untuk 12 kabupaten kota yang termasuk zona kuning yaitu Kabupaten Bandung, Bekasi, Bogor, Indramayu, Karawang, Subang, Sukabumi, Kota Bandung, Cimahi, Depok, Bogor, dan Bekasi  mendapatkan rekomendasi melanjutkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) parsial.

PSBB parsial dibagi menjadi dua waktu perpanjangan, untuk kawasan Kabupaten Bogor, Bekasi, Kota Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) perpanjangan PSBB sampai Kamis 4 Juni 2020 mendatang, hal ini merujuk pada perpanjangan PSBB di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta,  semantara nonbodebek sampai Jumat 12 Juni 2020 mendatang. 

"AKB akan bertahap, penuh kehati-hatian. 30 persen dulu, lanjut 60 persen. Baru jika aman lanjut ke 90 persen," imbuh Emil