Ini Aturan Pembukaan Kembali Jalur Bus

Ini Aturan Pembukaan Kembali Jalur Bus
Ilustrasi Foto Dok Humas Pemkot Bandung

 

BANDUNG (golali.com) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memberlakukan berbagai aturan, dalam pembukaan kembali jalur bus di Terminal Leuwipanjang dan Cicaheum. Hal ini untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Bandung. 

Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dishub Kota Bandung, Kharul Rizal mengungkapkan khusus untuk bus yang berangkat dari Kota Bandung, bus hanya boleh mengangkut penumpang 50 persen dari kapasitas bus. Hal ini berkaitan dengan Kota Bandung ataupun daerah tujuannya, cukup banyak yang berada dalam zona kuning sehingga harus tetap waspada.

“Menurut Peraturan Menteri Nomor 41 Tahun 2020 memang 50 persen sudah dihapus bahkan memungkinkan 75 persen. Tapi untuk Bandung di tahap awal kita baru mengizinkan maksimal 50 persen, agar physical distancing (jaga jarak) di dalam bus masih tetap terjaga. Apalagi kondisi penumpang belum stabil,” urai Rizal. 

Selain itu, antrean bus di dalam terminal pun tidak boleh lebih dari lima bus untuk setiap trayek. Rizal menegaskan bus hanya mengangkut penumpang di dalam terminal dan dilarang menaikan penumpang selama perjalanan.

“Kalau di luar terminal protokol kesehatan tidak terdeteksi. Jadi kita berharap penumpang naik dan turun di terminal. Pintu masuk di terminal yang dibuka hanya satu dan semua melalui protokol kesehatan yang ketat. Dari Dinas Kesehatan juga menyiagakan personilnya. Kita akan mengawasinya. Akan ada sanksi apabila ada perusahaan yang tidak melaksanaan kesepakatan dalam forum rapat kemarin. Sanksinya tidak boleh masuk operasional terminal lagi,” tandas Rizal.