Ini Manfaat Buruan SAE, Program dari Pemerintah Kota Bandung

Ini Manfaat Buruan SAE, Program dari Pemerintah Kota Bandung
Manfaat Buruan SAE salah satunya untuk ketahanan pangan (Dok : Humas Pemkot Bandung)

 

BANDUNG (Golali.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memiliki program Buruan SAE, yang telah berjalan pada beberapa  tingkat rukun warga (RW) yang ada di Kota Bandung. 

Lantas apakah Buruan SAE tersebut? Mengutip rilis resmi Humas Pemkot Bandung, menurut Wali Kota Bandung, Oded M Danial, SAE secara harfiah berarti indah. Sementara, secara akronim  SAE kepanjangan dari sehat, alami, dan ekonomis. Sementara Buruan, dalam bahasa Sunda berarti halaman atau pekarangan rumah.

 

Baca juga : 

 

"Oleh karena itu, kami menggagas Buruan SAE melalui urban farming terintegrasi, untuk menanggulangi ketimpangan permasalahan pangan di Kota Bandung," ungkap Oded.

Melalui Buruan SAE, warga bisa menanami pekarangan rumah dengan sayuran atau buah-buahan, termasuk memelihara hewan ternak.

Oded menjelaskan dalam kondisi normal nonpandemi Covid-19, warga Kota Bandung membutuhkan kebutuhan pangan yang besar. Antara lain telur ayam, sekitar 120 ton per hari, daging ayam sebanyak  600 ribu ekor per hari. Di mana sekitar 90 persen impor dari daerah lain.

 “Beberapa di wilayah Kota Bandung punya Buruan SAE, karena sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” terang Oded. 

 

Manfaat dri Buruan SAE yakni : 

1. Warga bisa memanfaatkan lahan yang ada, meskipun terbatas bisa digunakan untuk berkebun untuk keluarga sendiri

2. Masyarakat bisa memanfaatkan sayuran maupun ternak untuk dikonsumsi, sehingga dapat mengurangi pengeluaran harian

3. Lingkungan menjadi sehat juga sebagai pengintegrasian pengelolaan sampah. Sampah organik dimanfaatkan untuk pupuk dan pakan magot (makanan ikan). Sampah anorganik dimanfaatkan untuk menaman seperti ember bekas.

 

“Dari Buruan SAE ini lingkungan menjadi sehat, karena diintegrasikan dengan pengelolaan sampah, sehingga banyak RW di Kota Bandung yang tidak buang sampah ke TPS.Mudah-mudahan suatu Bandung bisa menjadi Kota yang bebas sampah dan mandiri pangan," ucap Oded. (*/Golali.com)

 

Baca juga :