Ini Perbedaan Cilok, Baso Aci, dan Cilok Goang

Ini Perbedaan Cilok, Baso Aci, dan Cilok Goang
Perbedaan cilok, baso aci, dan cilok goang

 

BANDUNG (Golali.com) - Cilok, baso aci, dan cilok goang sebenarnya memiliki bahan baku yang sama yakni tepung kanji (aci dalam bahasa Sunda) yang dicampur dengan lemak sapi dan dibentuk bulat mirip bakso.

 

Hanya saja yang membedakan dari kuliner Sunda tersebut, terkait dengan cara penyajian dan bumbu pelengkap yang memberikan berbagai sensasi rasa yang enak dan khas.Apa perbedaan cilok, baso aci, dan cilok goang :

 

 1. Cilok 

 

Cilok yang namanya akronim aci dicolok (tepung kanji ditusuk dalam bahasa Indonesia) ini disajikan dengan bumbu kacang tanah yang melimpah. Biasanya cara pengambilan saat akan dimakan ditusuk memakai batang bambu yang dipotong kecil-kecil bukan memakai garpu atau sendok. 

 

 2. Baso aci  

 

Cara penyajian baso aci berbeda dengan cilok, yakni memakai kuah kaldu sapi yang biasanya disajikan seperti mie bakso.

Bersama mie kuning, tauge, sawi hijau, mie putih, irisan seledri, dan bawang goreng. Adapula yang disajikan bersama pilus. Bagi pecinta pedas biasanya ditambah dengan kecap manis, saus, dan sambal.

 

Baca juga :

 

 3. Cilok goang  

 

 

Cilok goang lebih mirip dengan penyajian baso aci, bedanya pada penggunaan sambal yang menjadi nama bagian dari kuliner Sunda ini. Yakni sambal goang khas Sunda, berupa campuran garam dan cabai rawit yang diulek halus, selain itu cilok goang menggunakan kuah kaldu ayam. 

 

Jadi mau coba yang mana? Ketiganya sama enaknya dan pasti bikin ketagihan. (*/Golali.com)