Ini Tanggal Dimulainya Uji Klinis Vaksin Covid-19

Ini Tanggal Dimulainya Uji Klinis Vaksin Covid-19
Ilustrasi Pixabay.com

 

BANDUNG (golali.com) -  Pelaksanaan proses uji klinis vaksin Covid-19 fase tiga akan mulai dilakukan pada Selasa, 11 Agustus 2020  di enam lokasi yakni Rumah Sakit 
Pendidikan Universitas Padjadjaran, Balai Kesehatan Universitas Padjadjaran, Puskesmas Garuda, Dago, Sukaparkir, dan Ciumbuleuit. Proses uji klinis vaksin ini akan ditangani Universitas Padjadjaran bersama PT Bio Farma, Badan POM, dan Balitbangkes.

Mengutip unpad.ac.id pada Jumat 7 Agustus 2020, Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Universitas Padjajaran (Unpad) Profesor Kusnandi Rusmil mencatat 800 calon relawan sudah mendaftar di Unit Riset Klinis Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUP Hasan Sadikin. Selain itu, sebanyak 350 orang dari lingkungan Unpad akan menjadi calon relawan uji klinis.

“Ini belum termasuk calon relawan yang sudah disiapkan di setiap Puskesmas.
Uji klinis dilakukan maksimal 20 orang per hari di setiap lokasi pengujian. Hal ini dilakukan untuk memenuhi aspek kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19,”  ucap Kusnandi.

Untuk uji klinis ini secara teknis relawan harus datang tiga hari sebelum penyuntikan  ke lokasi uji klinis, guna pemeriksaan pemenuhan kriteria sebagai sampel uji klinis.

“Di samping kita melakukan pemeriksaan darah, kita lakukan pemeriksaan swab ,” tutur Kusnandi.

Setelah dinyatakan laik, relawan akan dilakukan penyuntikan, setelah 14 hari dilakukan penyuntikan kembali. Kemudian selama enam bulan, tim uji klinis akan terus memantau kondisi relawan. 

Dalam uji klinis ini, 50 persen relawan akan disuntikkan vaksin dan sisanya disuntikkan plasebo. Hal ini guna membandingkan tingkat keamanan hingga tingkat imunogenitasnya.

“Kita juga akan lihat bagaimana efektivitas antara yang vaksin dengan plasebo,” ucap Kusnandi.