Kamal Djafar, Pantang Meminta Bantuan

Kamal Djafar, Pantang Meminta Bantuan
Dok Humas Pemkot Bandung

BANDUNG (golali.com) - Untuk mempertahankan kondisi ekonomi pada masa pandemi Covid seperti ini, menurut Kamal Djafar bukan mengutuknya melainkan mencari solusi bisnis dan menghilangkan gengsi. Selain itu, dalam berbisnis harus berpikir untuk bertahan hidup dan membantu yang lain.

“Semua orang sekarang sedang jatuh, tapi saya memilih bagaimana jatuh dengan elegan. Tidak ada yang siap dengan keadaan ini. Bahkan pemerintah pun tidak siap. Saya tahu perencanaan ekonomi hancur dalam sebulan karena Covid-19. Tapi kita tetap bisa bertahan hidup asal mau menurunkan ego dan mulai mencari solusi dari apa yang kita punya,” beber Kamal dalam rilis Humas Pemkot Bandung yang diterima golali.com beberapa waktu lalu. 

Menurut Kamal kondisi setiap orang berbeda, dalam mempertahanakan hidupnya di masa sulit ini. Kamal tidak pernah berpikir untuk menyerah dan meminta bantuan.

“Tidak salah untuk meminta bantuan dari pemerintah, tidak salah untuk mengeluh karena semua orang juga terdampak. Enggak ada yang enggak sakit hari ini. Tapi solusi yang kita berikan, apa yang kita lakukan, kepada diri kita sendiri, kepada lingkungan, itu menunjukkan sudah di level mana kita hidup,” imbuh Kamal. 

Kamal akan berusaha dengan tenaga dan pikirannya untuk mempertahankan jati dirinya yaitu tetap berdiri di atas kaki sendiri. “Yang saya pikirkan adalah bagaimana agar bisa bertahan hidup biar bisa bertemu dengan keluarga. Saya enggak teriak minta bantuan, ah, malu. Buat saya, dalam keadaan seperti ini jangan sampai kita kehilangan jati diri, dan jangan sampai mengubah apa yang telah dibentuk sebelumnya. Membangun kredibilitas kan tidak mudah,” pungkasnya.