Kampanye Disiplin Aturan Lalu Lintas dan Protokol Kesehatan Bagi Pesepeda

Kampanye Disiplin Aturan Lalu Lintas dan Protokol Kesehatan Bagi Pesepeda
Humas Pemkot Bandung

 

BANDUNG (golali.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan komunitas pesepeda mengkampanyekan Bersepeda Tertib Berlalu Lintas dan Peduli Protokol Kesehatan di Taman Cikapayang, Jalan Ir H DJuanda, Minggu 26 Juli 2020. Kampanye ini guna menjaga keselamatan pesepeda dan pengguna jalan lainnya.

“Saat ini tumbuhnya euforia masyarakat dalam bersepeda di tengah pandemi. Tapi tentunya pemerintah juga harus bisa merespon euforia ini menjadi satu budaya. Kita akan ajak masyarakat yang bereuforia bersepeda, untuk beraktivitas (sehari-hari) menggunakan sepeda,” kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, dalam rilis yang diterima golali.com, Minggu (26/7/2020).

Yana menegaskan perubahan budaya itu  harus disertai dengan budaya ketaatan terhadap peraturan berlalu lintas. Pasalnya para pesepeda juga harus berbagi jalan dengan pengguna jalan lainnya, baik pejalan kaki maupun pengguna kendaraan lain.


“Masih cukup banyak warga masyarakat yang belum memahami bahwa pesepeda pun harus mengikuti berbagai aturan. Mereka tidak boleh menerobos lampu merah, tidak boleh mengambil jalur pengguna transportasi yang lain, tetap harus sharing,” terang Yana.


Menurut Yana selama ini Pemkot Bandung selalu mengampanyekan perubahan moda transportasi dari kendaraan bermotor menjadi kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Untuk itu melalui kampanye ini, Yana berharap dapat mengedukasi warga yang ingin mengubah kebiasaan menjadi lebih baik.

“Banyak manfaat yang bisa dirasakan apabila bersepeda ini bisa menjadi budaya baru masyarakat. Insyaallah kemacetan berkurang, polusi udara juga bisa menurun, dan berbagai hal positif lain yang bisa kita rasakan,” tutup Yana.