Kostum Robot Himbau Jaga Jarak 

Kostum Robot Himbau Jaga Jarak 
Dok Humas Pemkot Bandung

BANDUNG (golali.com) - Guna mengedukasi dan mengimbau warga untuk memahami dan melaksanaan pencegahan penyebaran Covid-19, perwakilan Karang Taruna di RW 11 Kelurahan Cikutra Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung memakai kostum robot yang diberi nama si Kopit. Robot berwarna biru ini berpatroli dua kali dalam sepekan dengan rute gang-gang di sekitar RW 11, termasuk Jalan Cikutra dan Pasar Cikutra yang termasuk kawasan tersebut. 

"Kalau diimbau oleh Linmas sudah biasa, nah sekarang kita manfaatkan robot ini sebagai media pengimbau kepada warga," ujar Ketua RW 11 Ninuk Gagan dalam rilis yang diterima golali.com Kamis (7/5/2020). 

Kostum tersebut kata Ninuk awalnya dibuat bukan untuk melawan pandemi, melainkan untuk persiapan perlombaan pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus mendatang. Biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan robot ini mencapai Rp2,5 juta. 

Selain itu, kostum robot yang telah rampung dibuat ini, sebelumnya digunakan untuk petugas Linmas berkolaborasi dengan Karang Taruna guna patroli pada sore hari. Kostum robot pun pernah dipakai dalam produksi film "Hope", karya komunitas film Sekewood dengan Pribadi Bilingual Boarding School Bandung.