Kota Bandung Bakal Miliki BSL-2

Kota Bandung Bakal Miliki BSL-2
Dok Humas Pemkot Bandung

BANDUNG (golali.com) - Laboratorium Biosafety Level (BSL-2) Kota Bandung yang berada di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) bakal segera beroperasi. BSL-2 merupakan laboratorium yang berfungsi untuk menguji agen penyakit, termasuk Covid-19 yang cukup potensial membahayakan petugas laboratorium dan lingkungannya.

"Insyaallah tanggal 11 (Mei) bisa aktif dipergunakan,” ucap Wali Kota Bandung  Oded M Danial dalam rilis yang diterima golali.com, Rabu (6/5/2020).

Oded berharap jika BSL-2 telah beroperasi akan mampu mempercepat proses pemeriksaan pasien positif Covid-19, yang saat ini mengalami keterbatasan  laboratorium pemeriksaan yang menyebabkan antrean. Hal itu akan membantu Gugus Tugas Covid-19 melakukan pemetaan kasus. 

“Mudah-mudahan dengan hadirnya laboratorium BSL-2 bisa membantu pemeriksaan semakin cepat. Maka petanya akan kelihatan atau ketahuan,” tutur Oded. 

BSL-2 merupakan kolaborasi antara Pemkot Bandung dengan Insitut Teknologi Bandung (ITB). Di tempat ini cara mendeteksi Covid-19 menggunakan cara Polymerase Chain Reaction (PCR).