Kota Bandung Berlakukan PPKM Mikro, ini Aturannya

Kota Bandung Berlakukan PPKM Mikro, ini Aturannya
Kota Bandung terapkan PPKM Mikro mulai 9 sampai 22 Februari 2021 (Dok Humas Kota Bandung)

BANDUNG (Golali.com) – Kota Bandung termasuk ke dalam salah satu kawasan di Jawa Barat, yang menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro sejak Selasa, 9 Februari sampai Senin, 22 Februari 2021. 

 

Hal ini sesuai dengan Instruksi Mendagri (Imendagri) No. 3 Tahun 2021 Tentang PPKM Mikro. Untuk itu, pengaturan  kegiatan masyarakat mengacu kepada Imendagri tersebut.

Antara lain :

1. Jam operasional pusat perbelanjaan/mal/kafe yang semula tutup pukul 20.00 WIB kini menjadi pukul 21.00 WIB.

2. Dine -in (makan di tempat) di restoran maksimal 50 persen dan wajib tutup pukul 21.00

3. Aturan work from office (WFO) dan work from home, semula 25 persen kini menjadi 50 persen.

"Jadi PPKM di Kota Bandung mirip dengan Instruksi Mendagri, jadi jam operasional mal pukul 20.00 WIB, kapasitas jadi 50 persen, itu diadaptasi (dari Imendagri),"  terang Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dalam rilis resminya. 

Klik juga :  

Sementara untuk penutupan jalan, masih menerapkan aturan sebelumnya pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional . Penutupan sejumlah ruas jalan, mulai pukul 18.00 WIB. 

"Kemarin hasil evaluasi Polrestabes, Dishub, Satpol PP dan lain-lain itu tetap diberlakukan pukul 18.00 WIB, karena dirasa efektif untuk menghindari kerumunan," pungkas Yana.

Dua Perwal 

Selain mengacu kepada Imendagri, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengeluarkan dua Peraturan Wali Kota (Perwal) baru dalam penanganan Covid-19.   

Pertama  Perwal No  4 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Secara Proprosional Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Kedua Perwal No.  5 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

 

Untuk Perwal No. 4 Tahun 2021 sebagai tindak lanjut atas perpanjangan PSBB Proporsional dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sementara  Perwal No. 5 Tahun 2021 terkait dengan pembentukan posko penanganan Covid-19.

 

"Kita selalu berupaya agar memberikan yang terbaik untuk warga Kota Bandung. Di bidang kesehatan harus tertangani. Di bidang ekonomi juga harus terus bergulir," beber Oded. (*/Golali.com)

 

Klik juga