Kota Bandung Masih Melakukan Kajian Pelaksanaan New Normal

Kota Bandung Masih Melakukan Kajian Pelaksanaan  New Normal
Dok Humas Pemkot Bandung

 

BANDUNG (golali.com) - Gugus Tugas Covid-19 masih mengkaji pelaksanaan "new normal" terkait kebijakan dari pemerintah pusat, dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Menurut Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna wabah Covid-19 di Kota Bandung sudah mulai terkendali. 

“Pedoman "new normal" ini masih kita pelajari. Memang pengendalian pandemi sudah cukup baik. Sehingga dimensi ekonomi, sosial, dan keagamaan bisa kembali bergerak. Ini tengah disiapkan," terang Ema di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, dalam rilis yang diterima golali.com Kamis (28/5/2020).

Ema mengungkapkan terkendalinya kasus Covid-19 di Kota Kembang tidak terlepas dari peran Laboratorium Biosafety Level 2 (BSL-2). Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung dapat memantau dan memetakan sebaran virus corona hingga tingkat kecamatan.


“Sekarang dalam satu hari BSL-2  rata-rata dapat melakukan 198 tes dari rata-rata maksimal 200 tes , artinya sudah mendekati maksimal. Kemudian sekarang camat juga tahu mana yang orang dalam pemantauan (ODP) atau yang isolasi mandiri. Penanganan yang terpapar sudah dikelola dengan baik,” imbuh Ema. 

Ema mengatakan pelonggaran ini tidak bisa menyeluruh, namun terbatas pada beberapa sektor dengan mengutamakan penerapan protokol kesehatan pada semua kalangan. Protokol kesehatan tersebut di antaranya jaga jarak dan penerapan pola hidup sehat dan bersih. 


"Ya bertahap dalam kondisi seperti ini tidak mungkin tiba-tiba di angka 100 persen, maksimum di 60 persen. Tapi respon dan kesadaran masyarakat harus terbangun maksimal. Kalau kita kerja keras tetapi masyarakat tidak peduli, ya repot juga,” pungkas Ema.