Kuliner Berkuah dari Yogyakarta

Kuliner Berkuah dari Yogyakarta
soto

YOGYAKARTA (golali.com) - Jika membicarakan kuliner khas Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kita seringkali terpaku hanya pada gudeg. Padahal, begitu banyak ragam masakan yang berasal dari provinsi ini. Salah satunya, soto daging sapi dengan ciri khasnya berkuah bening. 

Hampir di setiap sudut provinsi ini, kita bisa menemukan penjual soto, salah satunya berada di sekitaran Jalan Godean Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman. Untuk menikmati soto yang hangat, kita tidak usah menunggu sampai tiba waktunya makan siang. Masyarakat di sini menjadikan kuliner yang satu ini, tak hanya untuk mengeyangkan perut di siang hari tetapi juga sebagai menu sarapan. 

 

Semangkuk soto daging sapi ini terdiri dari nasi putih, tokolan dan potongan kubis yang telah disiram air panas terlebih dahulu serta ditiriskan, potongan daging sapi yang telah direbus sebagai bintang utamanya, sedikit garam, ditambah seledri, taburan bawang merah goreng, dan diguyur dengan kuah yang panas. Sebelum menikmatinya, sebaiknya kita mengaduk seluruh bagian dalam semangkuk soto ini termasuk nasinya, sehingga semua rasanya menyatu. 

Meskipun terlihat sederhana saat disajikan, soal rasa tak sesimpel penampilannya. Rasa gurih yang kuat tidak hanya melekat pada potongan daging sapinya, tetapi juga kuah yang berasal dari rebusan daging dan tulang sapi yang telah dibumbui dengan berbagai rempah yang telah dihaluskan dan ditumis terlebih dahulu, yang menyempurnakan rasa soto ini. Tekstur daging sapinya pun lembut dan empuk, sehingga memudahkan kita untuk mengunyahnya. Semangkuk soto ini pun memberikan kesegaran yang berasal dari kubis dan tokolan, yang menambah semangat untuk memulai hari di waktu pagi maupun melanjutkan hari seusai makan siang. 

Untuk penikmat kuliner yang doyan dengan rasa pedas, bisa menambahkan sambal cabai rawit merah. Jika kurang segar, bisa ditambah dengan perasan jeruk nipis. Sementara yang senang dengan rasa manis, bisa menambahkan kecap manis yang tersedia di meja tempat pengunjung makan.  

Selain citarasa yang menggoda, penggunaan peralatan makan kala menikmati soto daging sapi ini termasuk khas yaitu menggunakan sendok bebek berbahan stainless steel. Untuk itu kita bisa menyendok kuah dan isian sotonya secara bersamaan, sebab bentuk sendok bebek yang lebih cekung dibandingkan dengan sendok makan pada umumnya, sehingga kita tidak akan takut tumpah saat menikmati hidangan yang satu ini.