Kupat Tahu Singaparna Gurih dan Enak

Kupat Tahu Singaparna Gurih dan Enak
Sepiring Kupat Tahu Singaparna

 

SINGAPARNA (golali.com) - Jika berkunjung ke Kecamatan Singaparna jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas dari ibu kota Kabupaten Tasikmalaya ini, yaitu kupat tahu singaparna yang menjadi menu sarapan masyarakat di Kecamatan Singaparna. Selintas, tidak ada yang berbeda tampilan kupat tahu singaparna dengan kupat tahu lainnya yang ada di Jawa Barat.

Dalam sepiring kupat tahu terdiri dari potongan lontong atau kupat ('leupeut' dalam bahasa Sunda), potongan tahu kuning goreng, tauge yang diseduh, bumbu kacang, kecap, taburan bawang merah goreng, dan kerupuk bawang yang membuat rasanya menjadi semakin enak.

Nah, yang membedakan kupat tahu singaparna dengan kupat tahu lainnya terdapat pada bumbu kacang. Bahan baku dalam pembuatan bumbu kacang ini tidak hanya melibatkan kacang tanah goreng yang dihaluskan, melainkan ditambah dengan santan kelapa. Sehingga rasa gurih tidak hanya tercipta dari kacang tanah yang ditumbuk, juga santan kelapa. 

Selain di Kecamatan Singaparna, kupat tahu ini banyak dijual di luar Kabupaten Tasikmalaya oleh warga Singaparna yang merantau ke daerah lain.