Lahan untuk Lintasan Sepeda MTB Harus Jaga Alam

Lahan untuk Lintasan Sepeda MTB Harus Jaga Alam
Dok Humas Pemkot Bandung

 

BANDUNG (golali.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung merestui pemanfaatan Blok Garung di Kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru, oleh sejumlah komunitas sepeda MTB untuk lintasan sepeda. Asalkan menjaganya dengan baik dan tidak merusak kondisi alam yang berdampak ekologi. 

“Tapi tolong lahan ini jangan tiba-tiba ada yang mengaku dan dihak. Kita hanya memperbolehkan untuk sama-sama memanfaatkan. Silahkan kalau mau dibuat trek sepeda berstandar nasional atau bahkan internasional,” kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dalam rilis yang diterima golali.com, Kamis (25/6/2020).

Yana menerangkan, pada era kepemimpinannya bersama Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Pemkot Bandung tengah mengkaryakan lahan kosong. Lahan tetap menjadi wilayah resapan, warga tetap menggarap lahan, dan bisa menjadi magnet lain di sektor ekonomi.

Untuk itu, Yana mengajak para pegiat sepeda di Kanhay bisa bersama-sama membangunnya secara swadaya. Sehingga rasa memiliki para pesepeda untuk menjaga tempat tersebut semakin tinggi dan tetap memberikan banyak manfaat.

“Selama ini tujuannya pemanfaatan aset Pemkot, 'ya hayu aja'. Kita kerjakan 'rereongan' secara swadaya tidak gunakan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Seperti kita bangun Cisurupan dan Mbah Garut itu tanpa anggaran khusus bisa jadi,” pesan Yana.