Langkah Milenial Hadapi VUCA Era

Langkah Milenial Hadapi VUCA Era
Praktisi dibidang akutansi dan komunikasi, Husnita menjelaskan berbagai langkah yang bisa diambil untuk bertahan di VUCA Era. (Dok Pribadi)

JAKARTA (golali.com) - VUCA Era menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi seluruh masyarakat Indonesia di kala pandemi Covid-19, termasuk generasi milenial. Praktisi dibidang akutansi dan komunikasi, Husnita menjelaskan berbagai langkah yang bisa diambil untuk bertahan di VUCA Era. 


"Untuk dapat survive dalam kondisi seperti ini, maka hal penting yang perlu dilakukan adalah membuka mindset dan menggunakan self determination dengan tiga kebutuhan psikologis dasar manusia yaitu otonomi, kompetensi, dan hubungan," urai Husnita dalam Webinar Himpunan Mahasiswa (HIMA) Vokasi Akuntansi Universitas Indonesia (UI) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam topik Unlock your potential in VUCA (Volatility, Uncertainly, Complexity, and Ambiguity) Era, Sabtu (26/9/2020).

Langkah yang harus diterapkan untuk bertahan di masa ini, akibat pandemi Covid-19 yaitu dengan menggunakan sikap kreatif, inovatif, dan adaptasi sebagi kunci untuk bertahan dalam situasi tersebut. Caranya dengan mengubah mindset dan dimensi motivasi yang sesuai dengan karakter diri. 


Husnita mencontohkan dalam marketing mix, yang melibatkan product (produk), place (sistem penjualan), price (harga), dan promotion (promosi). Untuk produk harus ada kolaborasi dalam menghasilkan produk yang akan dipasarkan, sistem penjualan secara offline atau online, sementara harga harus disesuaikan dengan sasaran konsumen, dan promosi harus sangat kreatif dengan terlebih dahulu mengetahui sasaran konsumen. 

Selain Husnita, webinar ini menghadirkan dua pembicara lainnya yaitu ICT for Development Researcher, Daniel Oscar Baskoro dan Junior Associate UMBRA dan
Strategic Legal Solutions Founder @estafetkebaikan.id Irawati Puteri.