Lebih Mudah, Ini Cara Pesan Pemeriksaan GeNose C19 Melalui KAI Access

Lebih Mudah, Ini Cara Pesan Pemeriksaan GeNose C19 Melalui KAI Access
Pemesanan pemeriksaan GeNose C19 melalui KAI Access (Dok FB KAI121))

 

 

 

JAKARTA (Golali.com) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) menyediakan pemesanan pemeriksaan GeNose C19 secara online, melalui aplikasi KAI Access. Untuk layanan ini baru tersedia di dua stasiun untuk keberangkatan, yaitu Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Jakarta. 

 

 

Mengutip akun facebook resmi KAI 121, cara pemesanan GeNoSe C19 : 

 

 1.   Buka aplikasi KAI 121

 2. Melakukan pembelian tiket kereta api jarak jauh 

 3. Pesan GeNose C19

 4. Secara otomatis calon penumpang akan membayar secara online, tiket kereta api jarak jauh dan pemeriksaan GeNose C19.

 5. Menjelang waktu pemberangkatan kereta api jarak jauh di stasiun penumpang cukup tunjukkan scan barcode e-ticket/e-boarding pass atau bukti pemesanan pemeriksaan GeNose C19 yang ada pada aplikasi KAI Access. 

 6. Hasil pemeriksaannya bisa dilihat melalui aplikasi KAI Access, tepatnya di halaman beranda pada menu Tes Covid-19 dan tinggal ditunjukkan ke petugas pada saat hari keberangkatan. 

 

Mengutip laman resmi PT KAI Persero (Persero) berikut persyaratannya :

1. Calon penumpang harus dalam kondisi sehat.

2. Selama 30 menit sebelum pemeriksaan dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih).

 

 

Langkah pemeriksaan GeNose C19 :

1. Calon penumpang akan dapat kantong GeNose C19

2. Lalu mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak 3 kali.

Yakni sebanyak 2 kali di awal, ambil napas dan buang di dalam masker. Lalu pada saat pengambilan napas ke-3, langsung embuskan ke dalam kantong hingga penuh.

3. Kunci kantong agar udara di dalamnya tidak keluar dan serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose C19.

4. Hasil pemeriksaan GeNose C19 ini akan keluar dalam waktu sekitar 3 menit. Pemeriksaan dilakukan 1 kali tanpa pengulangan.

Baca juga : 

 

 

Hasil Positif

 

Jika hasilnya positif, calon penumpang tidak boleh naik kereta api. Tiketnya akan dibatalkan penuh dan uangnya akan dikembalikan, melalui loket khusus atau WhatsApp KAI121 di 081-1121-11121.

 

 

 

Untuk hasil positif, petugas pemeriksa akan memberikan konsultasi, informasi, dan edukasi terkait hasil pemeriksaan dan menyarankan calon penumpang untuk melakukan isolasi mandiri.

 

Selanjutnya, yang bersangkutan akan diarahkan petugas untuk meninggalkan stasiun dan diminta melapor ke puskesmas sesuai domisili.(*/Golali.com)