Lima Buah-buahan Ini Identik dengan Ramadhan

Lima Buah-buahan Ini Identik dengan Ramadhan
Dok Kolase Pixabay & Golali

 

BANDUNG (golali.com) - Buah-buahan menjadi salah satu pilihan untuk menu buka puasa yang menyegarkan, golali.com merangkum 5 buah-buahan yang identik dengan bulan Ramadhan

 

1. Kurma 
Kurma atau Date Palm,  merupakan Buah yang satu famili dengan kelapa.  Kurma mengandung antioksidan, di antaranya polifenol yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular, meningkatkan daya ingat,  menurunkan resiko kanker, serta menjaga kesehatan pencernaan. Buah ini tumbuh subur di daerah padang pasir seperti di Arab Saudi dan hampir selalu hadir untuk berbuka puasa 

 

2. Blewah 
Blewah (Curcumis melon) merupakan jenis buah-buahan yang tidak memiliki kolesterol sama sekali, sehingga aman dikonsumsi  penderita penyakit kardiovaskular. Buah ini pun sering hadir dan dijual kala Ramadhan, buah yang bagian luarnya mirip dengan labu kuning dan daging buahnya mirip timun suri ini menjadi salah satu sajian untuk buka puasa. Blewah bisa dimakan langsung maupun dicampur dengan sirup yang tak kalah segarnya. 

 

3. Timun Suri 
Timun Suri yang bernama ilmiah Cucumis melo ini, menjadi salah satu pilihan untuk menu pembuka saat buka puasa, buah ini biasanya dicampur dengan sirup maupun kolak.  Selain memberikan efek dingin pada tenggorokan, meskipun tanpa campuran memakai es, buah ini merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh.  Di antaranya untuk membantu sistem pencernaan seperti mencegah dan mengobati maag atau tukak lambung, serta melancarkan buang air besar. 

 

4. Kolang Kaling 
Buah dari pohon aren ini biasanya dijadikan campuran kolak, es campur, maupun dibuat menjadi manisan. Selain dapat mencegah anemia, kolang kaling juga mempunyai sifat antiimflamasi yang baik untuk kesehatan kulit. Bahkan dalam per 100 gr kolang-kaling mengandung jumlah  kalsium yang hampir setara dengan kandungan kalsium dalam 100 gram susu sapi. 


5. Labu Kuning  
Labu kuning atau labu besar pun selalu identik dengan menu buka puasa, labu kuning biasanya diolah menjadi bahan isian kolak, dikukus, maupun dimasak menjadi bubur. 

Selain rasanya yang enak dan lembut, labu kuning banyak mengandung nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin B6. Tak hanya vitamin, labu kuning ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga bisa digunakan sebagai penunda lapar dan menjaga kesehatan pencernaan, sehingga cocok bagi yang ingin berdiet.